Apa itu UMKM Berbasis Ekonomi Inklusif? Begini Penjelasan Mahfud MD


Senin, 29 Januari 2024 - 16:31:22 WIB
Apa itu UMKM Berbasis Ekonomi Inklusif? Begini Penjelasan Mahfud MD Mahfud MD/foto:dnr

RIAUIN.COM - Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD menyebut pentingnya peranan UMKM dalam perekonomian. Untuk menggerakkannya, perlu adanya program ekonomi inklusif. 

Hal ini disampaikan Mahfud menghadiri Bazar UMKM dan meresmikan Program Gotong-royong untuk Ekonomi Sejahtera dan Inklusif (Progresif) Riau, di salah satu kafe di jalan Arifin Ahmad, Kota Pekanbaru, Senin (29/1/2024).

Mahfud MD menjelaskan, keberadaan UMKM berbasis Inklusif dapat menopang perekonomian negara, karena konsepnya adalah gotong royong.

"Ketika Covid-19 melanda negara kita selama 2,5 tahun, banyak uang yang diperlukan untuk menanganinya. Tetapi ekonomi rakyat hidup karena adanya bergotong-royong dari warga," kata Mahfud.

Kata dia, konsep UMKM adalah Inklusif bukan eksklusif. Kenapa harus inklusif? Mahfud menerangkan, ekonomi inklusif merupakan suatu kegiatan ekonomi yang melibatkan sebanyak mungkin anggota masyarakat.

"Jadi tidak eksklusif terhadap sekelompok orang yang punya modal. Ketika dia mendapat rejeki secara ekonomi karena betul betul bekerja dan berhak untuk itu, bukan karena belas kasihan," jelasnya.

Selain itu ada juga ekonomi belas kasihan. Artinya adalah, seseorang atau masyarakat yang tidak mampu lalu dibantu. 

"Kita akan membantu masyarakat dengan cara ekonomi inklusif. Setiap kegiatan ekonomi dapat dilakukan bersama oleh seluruh rakyat sehingga mereka yang dibayar dan yang membayar sama-sama bermartabat," pungkasnya.-dnr