Baku Tembak di Kampar, 1 Perampok Tewas dan 2 Polisi Terluka


Sabtu, 27 Januari 2024 - 20:35:50 WIB
Baku Tembak di Kampar, 1 Perampok Tewas dan 2 Polisi Terluka Tersangka saat dibawa dari RS Bhayangkara Polda Riau/foto:dnr

RIAUIN.COM - Tiga pelaku komplotan perampok bersenjata api (senpi) berhasil diringkus oleh Unit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Riau bersama Subdit III Polda Sumbar, Sabtu (27/1/2024). 

Tiga pelaku yang diamankan yakni I yang merupakan otak pelaku, MZ dan RC. Ketiga pelaku ditangkap setelah terjadi baku tembak antara pelaku dan petugas kepolisian. 

Direktur Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Riau, Kombes Asep Darmawan menjelaskan, pihaknya melakukan backup terhadap personil Polda Sumbar untuk mengungkap kasus ini sejak 8 hari belakangan.

Penggerebekan komplotan ini diwarnai aksi tembak-menembak antara pelaku dan polisi yang melakukan penangkapan. Dua orang anggota polisi mengalami luka akibat ditembak oleh pelaku RC. RC kemudian berhasil dilumpuhkan oleh polisi dan tewas di lokasi kejadian dengan 14 luka tembakan.

Dua petugas mengalami luka terkena tembakan oleh pelaku. Keduanya mengalami luka di tangan dan dada. Beruntung petugas yang terkena tembakan di dada menggunakan rompi pelindung.

"Kedua petugas saat ini masih dirawat di rumah sakit, sementara tersangka RC tewas di belakang rumahnya. RC ditembak karena lebih dulu menembak petugas. Dia mengalami 14 luka tembak, sebelas diantaranya tembus. Luka tembak itu terdapat di pinggang, lengan, paha dan tungkai bawah. Luka tembus keluar ada 11 di dada, paha, tungkai dan lengan" kata Asep.

Dijelaskan Asep, hal itu terjadi karena tersangka memberondong petugas dengan peluru secara terus menerus, mulai dari depan rumah hingga ke belakang.

"Ada satu anggota kita beberapa kali dilakukan penembakan oleh tersangka. Namun, karena yang bersangkutan memakai rompi pelindung, sehingga terlindungi. Ada 4 tembakan di dada anggota yang di bagian belakang. Sementara luka tembak di tubuh RC adalah luka tembak jarak jauh," beber Asep.

Saat ini jasad RC sedang divisum di kamar jenazah RS Bhayangkara Polda Riau dan rencananya akan dibawa ke Kabupaten Padang Pariaman untuk di serahkan ke pihak keluarga.-dnr