Total 86 Desa di 14 Kecamatan Indragiri Hulu Terendam Banjir


Sabtu, 20 Januari 2024 - 13:08:31 WIB
Total 86 Desa di 14 Kecamatan Indragiri Hulu Terendam Banjir Bupati Inhu Rezita Meilani/foto:tsi

RIAUIN.COM - Curah hujan yang cukup tinggi dan meluapnya Sungai Indragiri, 86 desa di 14 kecamatan di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau terendam banjir. Banjir ini sudah berlangsung sejak 22 Desember 2023 lalu. Banjir ini diakibatkan curah 

Akibat banjir ini sebagian besar telah mengungsi ke tempat yang lebih aman. Selain itu, sebagian warga yang terdampak banjir mulai terserang penyakit kulit, demam hingga batuk.

Untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan, pemerintah setempat bersama pihak kepolisian telah mendatangi warga yang masih bertahan di lokasi banjir. Warga terdampak diberikan bantuan paket sembako.

"Kondisi banjir di Indragiri Hulu itu sudah dimulai dari 22 Desember 2023 sampai dengan hari ini. Sudah ada 86 desa dan kelurahan yang terendam dan ada 13 dari 14 kecamatan yang terendam," kata Bupati Inhu, Rezita Meilani, Sabtu (20/1/2024).

Dijelaskan Rezita, lokasi yang paling parah terdampak banjir berada di Desa Rawa Sekip dan Desa Rawa Asri, Kecamatan Kuala Cenaku. Di lokasi ini, banjir merendam hampir 75 persen wilayah dua desa tersebut. Ketinggian air mencapai mulai dari sebatas lutut orang dewasa hingga 1 meter.

"Dua kecamatan yakni batang Gansal dan Batang Cenaku ini banjirnya tidak dipengaruhi aliran Sungai Indragiri. Namun, dipengaruhi oleh curah hujan. Sampai hari ini air sudah surut di dua kecamatan tersebut," kata Rezita.

Sebelas kecamatan yang masih terdampak banjir, hingga saat ini kondisi air sudah mulai surut. "Tinggal beberapa desa saja yang terendam," imbuhnya.

Sementara itu, Irwasda Polda Riau, Kombes Hermansyah mengatakan, untuk membantu meringankan beban warga, pihaknya telah mengerahkan personil membantu proses evakuasi. Selain itu, pihak kepolisian juga menyalurkan bantuan kebutuhan pokok bagi warga yang terdampak banjir.

"Kami juga membawa tim kesehatan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat," tambahnya.-dnr