Gajah Latih di TN Tesso Nilo Pelalawan Ditemukan Mati Tanpa Satu Gading


Selasa, 16 Januari 2024 - 14:15:16 WIB
Gajah Latih di TN Tesso Nilo Pelalawan Ditemukan Mati Tanpa Satu Gading Petugas TNTN memeriksa kondisi gajah yang mati/foto:ss

RIAUIN.COM - Seekor gajah latih berkelamin jantan ditemukan mati dalam kondisi satu gading terpotong di Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), Kabupaten Pelalawan, Riau, Minggu (14/1/2024).

Gajah jinak berusia 46 tahun itu mati diduga karena diracun. Hal ini ditegaskan oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) TNTN, Eko Hery Satriyo Utomo. Menurutnya, gajah binaan atau gajah latih bernama Rahman ditemukan sedang terkapar di dalam kawasan konservasi TNTN. 

"Gajah Sumatera ditemukan mati dengan kondisi gading sebelah kiri sudah terpotong. Diduga, gajah latih  berusia 46 tahun itu mati karena di racun orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan kematian gajah tersebut,  populasi gajah sumatera di TNTN menjadi berkurang," kata Eko, Selasa (16/1/2024).

Sebelum mati, pawang gajah atau mahout bersama petugas TNTN berusaha memberi pertolongan untuk menyelamatkan hewan bertubuh besar itu. Mereka memberi obat cairan penawar racun dan memberi minum agar Gajah Sumatera itu tetap bertahan hidup.

"Namun, berselang beberapa jam kemudian, Gajah Rahman itu akhirnya tidak terselamatkan. Gajah latih tersebut mati dalam kondisi gading sebelah kiri sudah terpotong," ujarnya. 

Tim dokter hewan TNTN melakukan pembedahan terhadap gajah tersebut untuk mencari penyebab kematiannya. Tim dokter menyimpulkan, diduga gajah tersebut mati karena diracun.-dnr