Ratusan Rumah di Kampar Terendam Banjir, Warga Diungsikan


Jumat, 05 Januari 2024 - 16:04:14 WIB
Ratusan Rumah di Kampar Terendam Banjir, Warga Diungsikan Rumah di Desah Buluh Cina yang terbenam banjir/foto:via Kompas.com

RIAUIN.COM - Ratusan rumah warga di Desa Buluh Cina, kecamatan Siak Hulu kabupaten Kampar, Riau terdendam banjir. Parahnya, ketinggian air mencapai atap rumah warga. Musibah ini telah berlangsung sejak sepekan belakangan.

Diperkirakan ketinggian air mencapai tiga meter. Tidak hanya pemukiman warga, jalan penghubung antar desa menjadi lumpuh digenangi air.

Kepala Desa Buluh Cina, Azrianto menjelaskan, sebanyak empat ratus lebih atau mencapai 95% rumah warga di desa tersebut sudah terendam sejak tiga pekan silam. Akibatnya aktifitas warga menjadi lumpuh.

"Banjir di wilayah ini merupakan bencana tahunan, karena permukiman berada di dataran rendah di sekitar Sungai Kampar. Namun, vanjir kali ini merupakan yang terparah sejak lima tahun terakhir," kata Azrianto, Jumat (5/1/2024).

Menurut Azrianto, sebagian warga di desanya itu saat ini telah dievakuasi dan mengungsi ke tempat yang lebih aman. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya peningkatan volume ketinggian air karena curah hujan yang masih cukup tinggi.

"Sebagian besar warga sudah diungsikan ke lokasi yang lebih aman. Kami berharap pemerintah dan pihak terkait dapat segera memberikan bantuan kebutuhan pokok kepada warga terdampak," pungkasnya.-dnr