Jelang Nataru, Ditlantas Polda Riau Gelar Patroli Skala Besar


Sabtu, 23 Desember 2023 - 18:21:20 WIB
Jelang Nataru, Ditlantas Polda Riau Gelar Patroli Skala Besar Apel Operasi Skala Besar Ditlantas Polda Riau/foto:tsi

RIAUIN COM - Kepala Satuan Tugas Operasi Daerah (Kasatgasopsda) Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat memimpin langsung Operasi Lilin Lancang Kuning 2023. Kegiatan  Apel Gelar Pasukan berlangsung di lapangan Purna MTQ Pekanbaru, Riau Sabtu, (23/12/2023).

Usai apel, Kombes Taufiq Lukman Nurhidayat langsung pimpin patroli yang dilakukan ke beberapa gereja di Kota Pekanbaru. Hal ini dilakukan guna memastikan situasi Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas di seputaran tempat Ibadah. Tujuannya untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melaksanakan Ibadah Natal 2023. 

"Pada sore hari ini kita melaksanakan kegiatan Patroli Skala Besar dalam rangka pengamanan Natal 2023 di Kota Pekanbaru, Adapun tujuannya untuk menciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang hendak melaksanakan Ibadah Natal di Tahun 2023," jelasnya usai memimpin apel.

Patroli Skala Besar yang dilaksanakan Ditlantas Polda Riau ini merupakan instruksi Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal. Untuk itu, Polri harus hadir di tengah masyarakat demi menjamin keamanan dan kenyamanan warga yang merayakan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. 

"Dapat kami jelaskan, pada Operasi Lilin Lancang Kuning Tahun 2023 ini Polda Riau menerjunkan Personil gabungan dengan Jumlah kekuatan personil Ops Lilin yang di turunkan sebanyak 2.808 personil terdiri 1.101 Polri dan 1.707 instansi terkait. Sementara jumlah pos pengamanan sebanyak 36 titik dan jumlah pos pelayanan sebanyak 18 titik," ujar Dirlantas Polda Riau kepada awak Media. 

Seusai apel, kemudian dilaksanakan pengecekan gereja-gereja guna memastikan kesiapan personil dan keamanan dilingkungan tempat Ibadah tersebut. 

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat, baik yang melaksanakan perayaan Natal 2023 maupun masyarakat yang hendak berlibur. Baik yang keluar dari Provinsi Riau dan maupun yang berkunjung agar tetap jaga keselamatan dan kesehatan agar kita bisa antisipasi hal yang tidak kita inginkan,” ajaknya. 

"Kemudian bagi pengendara yang hendak bepergian ke luar kota, pastikan kondisi kendaraannya sehat, lengkap surat diri dan surat kendaraan yang digunakan. Saat ini kondisi cuaca musim hujan, dan bila kondisi dalam keadaan lelah silahkan manfaatkan tempat istirahat di pos PAM dan Pos Yan. Ingat, utamakan keselamatan dari pada kecepatan, karena keluarga anda menunggu di rumah, keselamatan yang pertama dan utama." pungkasnya.(*)