Imigran Rohingya Eksodus ke Pekanbaru, Tengku Azwendi: Segera Antisipasi Kedatangan Susulan


Jumat, 15 Desember 2023 - 11:37:48 WIB
Imigran Rohingya Eksodus ke Pekanbaru, Tengku Azwendi: Segera Antisipasi Kedatangan Susulan Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri/foto:tsi

RIAUIN.COM - Polemik penolakan imigran etnis Rohingya yang mengungsi ke Indonesia melalui Aceh terus mencuat. Terbaru, sebanyak 13 pengungsi Rohingya telah masuk ke Kota Pekanbaru pada Kamis, 14 Desember 2023 kemarin.

Semuanya terlunta-lunta dan akhirnya ditampung di rumah detensi imigran (Rudenim) Pekanbaru yang berada di Kecamatan Bukit Raya.

Menyikapi hal ini, Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri buka suara. Dia menegaskan bahwa untuk menyikapi eksodus pengungsi Rohingya ke Pekanbaru perlu adanya koordinasi dengan instansi terkait.

"Segera sikapi dan koordinasi kepada instansi terkait dan antisipasi kedatangan pengungsi susulan," ujar Azwendi, Jumat (15/12/2023).

Politisi dari Partai Demokrat ini mengimbau semua elemen dan instansi terkait agar dapat mengantisipasi kedatangan susulan pengungsi Rohingya dari Aceh ke Pekanbaru.

"Kami mengimbau kepada instansi terkait dan pihak keamanan agar segera mengantisipasi kedatangan imigran (Rohingya, red) susulan," pungkasnya.

Sebelumnya, Aceh kembali diserbu pengungsi Rohingya. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 50 orang pengungsi Rohingya kembali mendarat di Desa Seuneubok Baroh, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, pada Kamis (14/12/2023) pukul 02.00 dini hari WIB. 

Kedatangan mereka yang sebagian besar adalah perempuan ini sebelumnya sempat terlihat nelayan. Ketika perahu pengungsi Rohingya mendekati Pantai Kuala Idi, warga setempat langsung menghubungi petugas keamanan. Namun para pengungsi Rohingya ini langsung melompat dari kapal serta berlarian ke pesisir pantai.

“Para pengungsi ini dalam keadaan sehat. Jumlah yang telah kita hitung sebanyak 50 orang. Selanjutnya kita lakukan pemeriksaan dan kita kasih makanan sebelum kita pindahkan ke gedung Idi Sport Center di kota Idi Rayek Aceh Timur,” ujar Camat Aarul Aman, Azhari.-dnr