Pesawat Kuantan Air Terbakar di Bandara SSK II Pekanbaru, Ini Penjelasan Angkasa Pura


Jumat, 15 Desember 2023 - 10:47:48 WIB
Pesawat Kuantan Air Terbakar di Bandara SSK II Pekanbaru, Ini Penjelasan Angkasa Pura Simulasi kebakaran pesawat di Bandara SSK II Pekanbaru/foto:via madi

RIAUIN.COM - Sebuah pesawat komersil Kuantan Air yang mengangkut 215 penumpang terbakar di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru. Dalam insiden ini, dua penumpang meninggal dunia. Pesawat nahas itu terbang dari Malaysia menuju Pekanbaru.

Executive General Manager PT Angkasa Pura Bandara SSK II Pekanbaru, Radityo Ari Purwoko mengatakan, peristiwa itu berawal ketika pesawat mengalami kebakaran pada mesin sebelah kanan pesawat.

Tim pemadam kebakaran bandara dibantu Damkar Kota Pekanbaru berjibaku melakukan pemadaman disokong tiga unit mobil pemadam. Sementara itu, sejumlah penumpang yang mengalami luka-luka, ditandu oleh tim penyelamat dan dilarikan ke rumah sakit terdekat.

"Para korban dilakukan pertolongan medis oleh tim gabungan dari tenaga kesehatan. Para korban kemudian dibawa ke rumah sakit," kata Ari, Kamis, (14/12/2023) sore.

Dijelaskan Ari, peristiwa ini bukanlah yang sebenarnya. Namun merupakan simulasi yang diselenggarakan oleh PT Angkasa Pura Bandara SSK II Pekanbaru.

Kata dia, pelaksanaan simulasi ini sesuai dengan ketentuan KP 479 tahun 2015, tentang petunjuk dan tata cara peraturan keselamatan penerbangan sipil.

“Total personel yang terlibat ada 350 personel,  kita melaksanakan ini sesuai dengan ketentuan KP 479, kita diminta untuk selalu melakukan penanggulangan keadaan darurat,” pungkasnya.