Tingkatkan Kapasitas Perangkat Desa dan Pengurus BUMDes, BKAD Hulu Kuantan Berikan Pelatihan


Senin, 11 Desember 2023 - 16:17:14 WIB
Tingkatkan Kapasitas Perangkat Desa dan Pengurus BUMDes, BKAD Hulu Kuantan Berikan Pelatihan BPD SE Hulu Kuantan

RIAUIN.COM- Sebanyak 90 peserta yang terdiri dari perangkat desa dan pengurus BUMDes se Kecamatan Hulu Kuantan mengikuti pelatihan selama dua hari di Hotel Anggela, Telukkuantan, Ahad (10/12/2023).

Masing-masing desa mengirim peserta yang terdiri dari seluruh anggota BPD dan Direktur BUMDes serta pengawas badan usaha milik desa tersebut. Kegiatan itu juga diikuti oleh masing-masing kepala desa.

Sebagai penggagas, Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD) Kecamatan Hulu Kuantan. Sebelumnya, BKAD Hulu Kuantan juga melakukan kegiatan pelatihan untuk wirausahawan muda yang digelar sepekan yang lalu.

Ketua BKAD Hulu Kuantan Iid  Siswandi dalam sambutannya tadi malam mengatakan, kegiatan pelatihan itu bertujuan dalam rangka peningkatan kapasitas serta memberikan ilmu dalam menjalankan tugas masing-masing peserta.

Ia berharap dengan adanya pelatihan itu agar memberikan manfaat bagi perkembangan dan kemajuan pemerintahan desa, termasuk kemajuan BUMDes.

"Ada tiga kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh BKAD Hulu Kuantan. Peningkatan kapasitas BPD, Pelatihan Direktur BUMDes serta pengawasnya dan pelatihan wirausahawan bagi kawula muda. Kegiatan ini bersumber dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Provinsi Riau," kata Iid Siswandi didampingi Ketua Forum Kades Hulu Kuantan, Firdaus dan Kasi Pemerintahan, Hasben.

Sementara itu Camat Hulu Kuantan Azizman S ST saat acara pembukaan pelatihan tadi malam menjelaskan bahwa, kegiatan tersebut sangat bermanfaat dalam memberikan wawasan bagi masing-masing peserta untuk menunjang kinerja sesuai dengan tufoksi.

"Kami atas nama pemerintahan Kecamatan Hulu Kuantan menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada BKAD yang telah menaja kegiatan ini. Bisa mengumpulkan semua elemen, mulai dari BPD, Direktur, pengawas BUMDes dan kepala desa. Moment ini menjadi penting bagi kebaikan kita kedepan. Dan kami berharap agar seluruh peserta mengikuti dengan baik," kata Azisman sembari membuka acara pelatihan secara resmi.

Sedangkan Dinas Sosial dan PMD selaku pemateri menegaskan, setiap desa wajib melaksanakan kegiatannya yang bersumber dari dana BKK Provinsi.

"Pelatihan ini sebagai moment untuk memperbaiki kinerja dengan waktu yang tersisa lebih kurang 2,5 tahun kedepan. Masing-masing harus tau fungsi dan tugasnya. BPD dan Pemerintahan desa adalah mitra. Jangan sampai BPD melakukan fungsi pengawasan seperti auditor. BPD itu adalah mengawasi kebijakan, bukan seperti APH," kata Kepala Dinas Sosial dan PMD Erdiansyah diwakili oleh Sekretaris Agus Iswanto.

Terkait BUMDes, Agus Iswanto mengajak semua pengurus untuk bersama memajukan BUMDes masing-masing. Jika BUMDes nya lambat untuk berkembang, kata Agus, pengurus harus bisa memetakan persoalan, apa yang menjadi penyebab BUMDes tersebut lambat berkembang.

"Apa yang menjadi persoalan segera petakan permasalahanya. Dan yang paling terpenting, pengurus BUMDes harus melaksanakan rapat pertanggungjawaban setiap tahun bersama masyarakat," kata Agus

Mantan Camat Kuantan Tengah itu menerangkan, ketika membicarakan kelembagaan BUMDes, kelembagaan tertinggi itu adalah musyawarah desa.

"Lakukan konsolidasi bersama, baik itu penasehat, kepala desa, BPD  maupun itu Direktur BUMDes, segera petakan dan potret kondisi BUMDes kita saat ini seperti apa. Walaupun kondisinya hidup segan mati tak mau, jangan biarkan. Bawa persoalan itu dan dibicarakan dalam forum musyawarah desa. Lalu dari sanalah dicari langkah apa yang harus dilakukan bersama," terang Agus Iswanto.- hen