Hari Jadi Kota Ke 233, Ketua DPRD Optimis Padang Panjang Semakin Unggul dan Sejahtera


Rabu, 06 Desember 2023 - 11:00:09 WIB
Hari Jadi Kota Ke 233, Ketua DPRD Optimis Padang Panjang Semakin Unggul dan Sejahtera Ketua DPRD Padang Panjang Mardiansyah memimpin rapat paripurna istimewa memperingati HJK ke-233

RIAUIN.COM - Ketua DPRD Padang Panjang Mardiansyah membuka rapat paripurna istimewa dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota (HJK) Padang Panjang ke-233, Jumat (1/12/2023). Rapat paripurna yang digelar setiap tahun ini merupakan bentuk kecintaan dan kebanggaan warga Padang Panjang yang berjuluk Negeri Serambi Mekkah ini.

Dikatakan Mardiansyah, rapat paripurna istimewa HJK ke-233 di Gedung DPRD dengan tagline “Padang Panjang Unggul dan Sejahtera”, diharapkan harapan Kota Padang Panjang semakin unggul dalam segala hal, semakin sejahtera warganya serta semakin maju perekonomiannya.

"Pelaksanaan yang sederhana ini diharapkan tetap mampu menumbuhkan semangat baru untuk perbaikan dan penyempurnaan program-program pembangunan yang telah dilakukan," kata Mardiansyah.

Dijelaskannya, di tengah kondisi keuangan daerah yang masih terbatas dan memasuki tahun politik, pihaknya masih punya harapan untuk tetap bekerja dengan baik, penuh dedikasi dan sinergi, demi kemajuan dan kesejahteraan warga kota.

Sebagai mitra pemerintah daerah, lanjutnya, DPRD memiliki fungsi pengawasan sekaligus juga mengingatkan Pemerintah Kota (Pemko) dalam hal pencapaian target-target pembangunan yang telah ditetapkan. Target pertumbuhan ekonomi 2024 adalah 5, 20%, tingkat kemiskinan 4, 24% tingkat pengangguran sebesar 4, 43%.

"Sebagai lembaga legislatif, masukan dari para tokoh masyarakat, pemimpin kota sebelumnya, alim ulama, ninik mamak, akan tetap menjadi bahan pertimbangan bagi kami. Sehingga lebih baik lagi dalam melakukan pengawasan terhadap program kegiatan agar terlaksana dengan baik dan bermanfaat bagi warga kota. Mari kita bekerja bahu-membahu demi Padang Panjang Unggul dan Sejahtera, " tutup Mardiansyah.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra dalam sambutannya menyampaikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat dari 77, 97 pada 2021 menjadi 78, 78 pada 2022. Angka tersebut lebih tinggi dari dari Provinsi Sumbar yakni 73, 26. 

“Pada 2023 ini IPM ditargetkan dapat mencapai 78, 97, ” katanya. 

Pertumbuhan Ekonomi, lanjut Sonny, meningkat dari 3, 46% pada 2021 menjadi 4, 39% pada 2022. Angka tersebut lebih tinggi dari provinsi yang sebesar 4,36%. Pada 2023 ini pertumbuhan ekonomi ditargetkan dapat mencapai 4, 91%.

Dikatakannya lagi, Indeks Reformasi Birokrasi Kota Padang Panjang, telah mengalami peningkatan dari 55, 19 pada 2021, menjadi 59, 4 pada 2022. Ditargetkan mencapai 59, 5 pada 2023.

Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah atau SAKIP Padang Panjang juga mengalami kenaikan. Dari nilai 61, 95 dengan predikat B pada 2021, menjadi 62, 91 pada 2022. Ditargetkan dapat meningkat menjadi 63, 10 pada 2023.

“Opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap laporan keuangan Pemerintah Daerah, alhamdulilah dapat dipertahankan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama tujuh kali berturut-turut. Hal ini menunjukkan stabilitas kinerja pengelolaan keuangan daerah yang baik dan memenuhi standar di Padang Panjang," ujarnya.

Semua capaian ini, sebut Sonny, tidak terlepas dari perbaikan-perbaikan yang telah dilakukan dalam aspek pelayanan pemerintahan. Seperti penerapan smart city dengan pemberlakuan layanan-layanan online dan berbasis aplikasi.

Kemudian layanan perizinan online, administrasi kependudukan online, sistem pengaduan online, elektronifikasi transaksi Pemerintahan Daerah (cashless), Smart Hospital RSUD Padang Panjang, Call Center 112 dan lainnya. 

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan Kemasyarakatan dan Sumberdaya, Eri Rinaldi mengucapkan selamat atas HJK Padang Panjang ke-233. Menurutnya kemajuan pembangunan di Padang Panjang terus terwujud sampai saat ini. 

Dia mengajak masyarakat Padang Panjang bisa menghadapi berbagai persoalan dan tantangan ke depan. “Jawab tantangan dengan karya. Tunjukan melalui masyarakat Padang Panjang dan Pemko sebagai pengelola pemerintahan yang tangkas, terukur mewujudkan kesejahteraan," ucapnya.

“Semoga dengan semangat peringatan HJK akan mampu memberikan motivasi yang lebih tinggi kepada seluruh aparatur pemerintahan dan masyarakat untuk membangun kota ke depannya, ” tutur Eri Rinaldi.

Pada momentum Rapat Paripurna ke-233 ini, Pemko turut menyerahkan Pin Emas kepada 10 tokoh masyarakat yang dinilai berjasa terhadap pembangunan kota di berbagai bidang.

Adapun 10 tokoh penerima Pin Emas ini di antaranya, Hamzah, M.Sn (Bidang Seni Budaya dan Adat Istiadat), Esa Ahmadi, SIQ, S.Pdi (Bidang Keagamaan), H. Sehabuddin, S.H, M.M.Pd (Bidang Sosial Kemasyarakatan), Yulastri Yanti (Bidang Lingkungan Hidup), Feri Ferdiansyah (Bidang Kepemudaan dan Olahraga).

Kemudian H. Ali Usman Suib, S.E (Bidang Koperasi, Dunia Usaha dan UMKM), Widiyanti, M.Sn (Bidang Koperasi, Dunia Usaha dan UMKM), Dalvi, M.Pdi (Bidang Pendidikan), Yosi Purwasari, S.Pd (Bidang Pendidikan) dan Adrianti, A.Md.Keb (Bidang Kesehatan).**