Total 15 Jasad Pendaki Gunung Marapi Ditemukan, 10 Telah Teridentifikasi


Rabu, 06 Desember 2023 - 10:26:07 WIB
Total 15 Jasad Pendaki Gunung Marapi Ditemukan, 10 Telah Teridentifikasi Proses evakuasi korban/foto:tsi

RIAUIN.COM - Hingga saat ini, Tim Sar Gabungan telah berhasil mengevakuasi 15 jasad pendaki yang menjadi korban erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Pusat Pengendalian Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Pusdalops BNPB) melaporkan, hingga Selasa, jumlah korban erupsi Gunung Marapi yang terjadi pada Minggu (3/12/2023) menjadi 15 orang.

Dari jumlah tersebut, 10 orang sudah berhasil diidentifikasi oleh tim Disaster Victim Identification (DVI), sedangkan lima jenazah lainnya masih dalam proses identifikasi di RSUD dr Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi. Selain itu, masih ada delapan pendaki yang belum dapat dievakuasi.

"Tim gabungan terus melakukan proses pencarian dan pertolongan untuk menangani situasi di lokasi," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Rabu (6/12/2023).

Saat ini Gunung Marapi telah mengalami erupsi sebanyak 46 kali. Erupsi terakhir tercatat pada Selasa (5/12/2023) pukul 06.24 WIB dengan amplitudo maksimum 25.1 mm dan durasi 80 detik. Meskipun demikian, gunung ini masih berstatus waspada atau level II.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar meminta masyarakat di sekitar Gunung Marapi untuk menjaga jarak kurang dari 3 km dari puncak gunung dan menghindari aktivitas apapun di daerah tersebut. Selain itu, warga di kecamatan terdekat diimbau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan menggunakan masker ketika berada di luar ruangan.-dnr/*