Bupati Kuansing Bangun Turap Senilai Rp600 Juta, Warga Koto Kombu Merasa Diperhatikan


Sabtu, 02 Desember 2023 - 20:14:53 WIB
Bupati Kuansing Bangun Turap Senilai Rp600 Juta, Warga Koto Kombu Merasa Diperhatikan Turap Sungai Ulo

RIAUIN.COM- Jantung Inun kini tak lagi berdebar-debar ketika melihat kondisinya rumahnya yang dulunya nyaris nyungsep ke Sungai Ulo akibat tergerus longsor.

Kini, Inun beserta keluarganya sudah bisa berlapang dada. Pasalnya, turap sepanjang 30 meter tuntas dibangun oleh Pemda Kuansing dengan alokasi dana sekitar Rp600 juta.

"Alhamdulillah, kami sudah merasa nyaman tinggal di rumah. Tak ada lagi rasa was-was saat mau tidur. Terimah kasih pak Bupati," ucapnya penuh syukur.

Ucapan yang sama juga dilontarkan oleh Suharsoyo. Suharsoyo merupakan pemilik rumah yang berada dilokasi pembangunan turap. Selama ini, dirinya dengan keluarga yang lain ikut merasa khawatir dengan kondisi tebing yang semakin hari semakin tergerus.

"Jika dulu tak cepat diatasi, rumah-rumah kami yang berada di areal ini mungkin sudah nyungsep ke sungai. Tapi syukurlah Pemda secara sigap mengatasi," ucap Suharsoyo.

Dengan adanya pembangunan turap tersebut, warga Koto Kombu merasa diperhatikan oleh pemerintahan daerah. Hal tersebut diungkapkan oleh Kades Koto Kombu, Firdaus.

"Selaku pemerintahan desa, kami tentu mengucapkan terimakasih kepada Pemda Kuansing yang telah begitu peduli dan perhatian terhadap keselamatan warga. Saya tidak bisa membayangkan seandainya kondisi ini lambat diatasi. Berkemungkinan rumah warga disekitar itu sudah masuk ke sungai," kata Firdaus.

Sementara itu, Bupati Kuansing Drs Suhardiman Amby saat pembukaan turnamen Bupati Cup di Desa Sungai Pinang kembali akan mengalokasi sejumlah anggaran untuk pembangunan di Desa Koto Kombu pada tahun 2024 mendatang.

Pembangunan itu meliputi turap penahan tebing SD Negeri Koto Kombu, dan pengaspalan sepanjang 1 kilometer dari Koto-Kombu menuju objek wisata Pemandian Air Panas. Selain itu, dirinya juga meminta PUPR untuk memperbaiki jalan aspal dari Desa Sungai Alah menuju Desa Sungai Pinang.

Tidak hanya itu, akses jalan menuju Pariwisata Batang Koban juga akan dibuka. Jalan tersebut akan dibangun mulai dari Desa Lubuk Ambacang. - hen