Anak Gajah di Tesso Tenggara Ditemukan Mati, Ini Penyebabnya


Selasa, 28 November 2023 - 15:32:41 WIB
Anak Gajah di Tesso Tenggara Ditemukan Mati, Ini Penyebabnya Petugas mengevakuasi bangkai anak gajah di Tesso Tenggara/foto:BKSDA Riau

RIAUIN.COM - Seekor gajah berusia 2 tahun yang tergabung dalam kantong gajah Tesso Tenggara di Kabupaten Pelalawan ditemukan mati akibat sakit kaki.

Gajah jantan berbobot 500 Kilogram itu baru diketahui mati pada 13 November 2023 sekira pukul 15.00 WIB. Informasi itu diterima dari salah satu karyawan perusahaan.  

"Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, menerima laporan bahwa salah satu karyawan lapangan perusahaan pemegang izin konsesi, melihat individu anak gajah liar (Elephas maximus sumatranus) yang tertinggal hingga terpisah dari kelompoknya. Gajah malang ini diduga mengalami sakit," kata Kepala Bidang Teknis BBKSDA Riau, Ujang Holisudin, Selasa (28/11/2023).

Sebelum ditemukan mati, tim medis sudah melakukan observasi terhadap gajah itu. Hasilnya diketahui bahwa kondisi kaki kanan gajah di bagian persendian yang luka tersebut semakin merenggang, karena otot dan tendornya sudah putus serta terlihat seperti akan lepas.

Terhadap luka tersebut dilakukan pengobatan dengan memberikan obat antibiotik, antiinflamasi, vitamin dan infus hingga pemberian antidot sehingga gajah kembali sadar dan langsung bergerak agresif.

"Pengobatan ketiga dilakukan pada tanggal 16 November 2023. Tim medis ketika itu mendapati gajah sedang berendam pada anak sungai yang terhubung dengan kanal yang berdekatan dengan kelompok gajah liar lainnya, sehingga kesulitan untuk melakukan pengobatan," jelas Ujang.

Tim selanjutnya melakukan pemantauan dari jarak aman terdekat dan sekitar pukul 14.30 WIB, kelompok gajah lainnya bergerak agak menjauh dari gajah yang terluka dan seketika itu tim mendekati anak gajah yang sedang berendam.

"Salah seorang Mahout pada tim berupaya mengarahkan agar gajah naik ke darat untuk dapat dilakukan pengobatan. Akan tetapi tidak berhasil dan gajah tetap berendam serta mengeluarkan suara keras dan langsung merebahkan diri di dalam anak sungai tersebut," ungkapnya.

Melihat kondisi tersebut tim langsung turun ke anak sungai dan memeriksa gajah tersebut dan ternyata gajah sudah tidak bernafas dan mati.

"Selanjutnya terhadap bangkai gajah langsung dikuburkan di sekitar lokasi kejadian," pungkasnya.-dnr