Tangis Haru Warga Pekanbaru di Depan Wakapolri Seusai Rumahnya Dibedah


Kamis, 23 November 2023 - 13:50:40 WIB
Tangis Haru Warga Pekanbaru di Depan Wakapolri Seusai Rumahnya Dibedah Foto bersama penerima bedah rumah di Pekanbaru bersama Wakapolri Komjen Agus Andrianto/foto:dnr

RIAUIN.COM - Cuaca cerah dan langit biru menghiasi Kota Pekanbaru. Hal ini membuat ribuan warga antusias menghadiri acara Bakti Sosial Polri Presisi untuk Negeri. Acara ini digelar di Gelanggang Remaja, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Kamis (23/11/2023).

Gelanggang olah raga disulap megah sampai ke dalam gedung untuk memanjakan warga yang datang. Gelanggang berkapasitas hampir 10 ribu orang ini terlihat penuh sesak dan dipadati masyarakat dari pagi hingga siang hari. Mulai dari orang tua, dewasa, remaja hingga anak-anak antusias hadir dan larut dalam suasana gembira. Mereka datang dari berbagai kecamatan di seluruh pelosok Kota Pekanbaru.

Istimewanya, acara yang diselenggarakan Polda Riau ini dihadiri langsung oleh Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komisaris Jenderal (Komjen) Agus Andrianto. Tiba di lokasi sekira pukul 11.00 WIB, Wakapolri Komjen Agus Andrianto langsung meninjau 20 Stan UMKM yang berjejer di halaman Gelanggang Remaja.

Didampingi Kapolda Riau, Irjen M Iqbal, Wakapolri Komjen Agus Andrianto meninjau satu per satu stan UMKM tersebut. Tak sekedar berdialog, mantan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) ini juga memborong produk dan makanan di stan yang ia kunjungi.

Selain memberikan bantuan sosial, acara ini bertujuan untuk menciptakan cooling system menjelang pemilu 2024 serta mempererat hubungan Polri dengan seluruh lapisan masyarakat.

Di lokasi gelanggang, terlihat sejumlah bocah laki-laki mengikuti khitanan massal di dampingi orang tua. Selain itu, stan bakti kesehatan terlihat penuh sesak dikunjungi para pasien. Tak hanya itu, sejumlah kaum emak-emak dan orang tua terlihat sumringah menenteng tas hitam yang berisi kebutuhan pokok. Polda Riau dalam acara ini menyalurkan 7.500 paket sembako Bakti Sosial dan 2.500 paket Bakti Kesehatan kepada seluruh warga kurang mampu.

Salah satu warga penerima sembako dari Kecamatan Tampan, Herliana mengaku senang menerima bantuan dari Polda Riau. Dia menghaturkan banyak terima kasih dan berdoa agar Polri dan jajaran selalu diberikan keberkahan serta tetap berada disisi rakyat.

"Saya diberitahu dan didaftarkan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Tampan bahwa ada acara Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan di Gelanggang Remaja. Saya datang dan diberi bantuan sembako. Bantuan ini sangat membantu perekonomian kita karena saat ini seluruh kebutuhan pokok harganya naik," tuturnya.

"Semoga Polri dan jajaran selalu melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, salam Presisi," sambungnya.

Selain bantuan sembako, Polda Riau juga memberikan door prize 17 unit motor berbagai merek bagi warga yang beruntung. Kemudian  ada bantuan 6 unit sumur bor dan bantuan bedah rumah. Khusus motor, pembagiannya dilakukan dengan cara diundi berdasarkan kupon yang telah dibagikan panitia kepada warga.

Iwan Sutrisno, penerima bantuan bedah rumah dari Polresta Pekanbaru mengucapkan terima kasih kepada Polri yang telah membantu memperbaiki rumahnya. Sambil berlinang air mata, Iwan sekeluarga langsung sujud syukur setelah melihat tayangan langsung kondisi terkini rumahnya yang di bedah.

Bahkan, di depan Wakapolri Komjen Agus Andrianto, Iwan Sutrisno beserta keluarga menangis haru. Sebelum dibedah, Iwan mengaku rumahnya sangat tidak layak untuk dihuni.

"Kalau hujan sering bocor dan ketika banjir sering masuk air. Kami sangat terharu melihat tempat tinggal kami yang telah diperbaiki oleh Polri," kata Sutrisno sambil berurai air mata.

Selain bantuan bedah rumah, Iwan juga menerima bantuan berupa modal usaha dari Wakapolri Komjen Agus Andrianto.

"Mudah-mudahan hal positif ini bisa terus dilakukan akan semakin dekatlah polisi, unsur TNI, pemerintah daerah dengan masyarakat, sehingga stabilitas di wilayah ini bisa terus terjaga, karena tanpa keamanan sulit kita mewujudkan kesejahteraan," kata Komjen Agus Andrianto.

"Ini merupakan program prioritas Kapolri, mudah-mudahan ini akan dilaksanakan oleh seluruh jajaran sehingga hal-hal yang sifatnya positif kepada masyarakat betul-betul dirasakan," sambungnya.

Sehari sebelumnya, Wakapolri Komjen Agus Andrianto berkesempatan menghadiri acara silaturrahmi kebangsaan bersama tokoh masyarakat Riau. Acara dilaksanakan di Hotel Pangeran, Kota Pekanbaru, Rabu (22/11/2023) sekira pukul 14.00 WIB.

Didamping Kapolda Riau, Irjen M Iqbal, Wakapolri Komjen Agus Andrianto langsung disambut tari kompang dan pemasangan tanjak oleh putra-putri terbaik Riau.

Dalam sambutannya, Komjen Agus menjelaskan, silaturrahmi kebangsaan ini dilaksanakan bertujuan meningkatkan cooling system dan untuk melihat sejauh mana penerapan program Polri Presisi di Riau yang dicanangkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Apalagi, kata Agus, program ini mendapat dukungan penuh oleh seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan pelaku usaha yang sukses di daerah masing-masing. 

"Oleh karena itu mari jaga persatuan dan kesatuan bangsa ini khususnya di Provinsi Riau sehingga perbedaan itu menjadi indah. Itulah berkah tanpa kita harus saling bermusuhan. Kalau kita bermusuhan akan menimbulkan masalah. Apabila tidak bisa dikendalikan akan semakin meluas menjadi kerusuhan dan pada akhirnya akan mengganggu stabilitas keamanan," tegasnya.

"Ini akan menjadi satu faktor yang penting dalam mewujudkan kesejahteraan. Kesejahteraan tidak akan bisa tercapai kalau tidak aman," sambungnya.

Kesadaran akan persatuan dan kesatuan itulah yang harus tetap dijaga dalam masyarakat, sehingga dapat meringankan tugas wakil-wakil pemerintah di daerah untuk mengawal, mendorong dan menjaga persatuan dan kesatuan.

"Apapun kondisi yang kita hadapi, orang hebat itu adalah orang yang bisa menghadapi masalah yang sulit. Oleh karena itu jangan takut menghadapi kesulitan. Karena kesulitan dan tantangan itu semakin meningkatkan kualitas kita," pungkasnya.

Untuk menunjang prestasi putra-putri penerus bangsa, Polri juga telah menyiapkan bantuan berupa bea siswa bagi mahasiswa berprestasi, bantuan kesehatan dan bantuan sosial. "Tentunya ini tidak lain dan tidak bukan untuk mendekatkan Polri dengan masyarakat," jelasnya.

Khusus di Riau, total ada 150 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi penerima beasiswa yang diserahkan secara simbolis Wakapolri Komjen Agus Andrianto. Penyerahan beasiswa dilakukan di Gedung Daerah Balai Sarindit, Jalan Diponegoro Kota Pekanbaru.

Sebanyak 15 Perguruan Tinggi telah mengirim masing-masing 10 mahasiswa terbaiknya untuk memperoleh beasiswa Polri Presisi ini. Mereka akan menerima uang pembinaan sebesar Rp 500 ribu per orang selama 6 bulan berturut-turut. Total anggaran yang dikucurkan mencapai Rp 450 juta.

"Saya minta ini berkelanjutan. Kapolda menyiapkan bantuan sebesar Rp 450 juta untuk mahasiswa se-Provinsi Riau," kata Komjen Agus. 

Dia berharap kepada seluruh perusahaan dan bisnis perbankan yang ada di Riau turut memberikan perhatian dan sumbangsih dalam mendukung program pendidikan.

"Bukan hanya sukses untuk keberhasilan usaha disini, tapi juga punya tanggungjawab buat masyarakat Riau," pungkasnya.-dnr