HA Fahutan IPB Angkatan 27 Hijaukan TWA Buluh Cina Kampar


Ahad, 12 November 2023 - 12:09:06 WIB
HA Fahutan IPB Angkatan 27 Hijaukan TWA Buluh Cina Kampar Foto bersama HA Alumni Fahutan IPB angkatan 27 usai menanam pohon di Taman Wisata Alam Buluh Cina Kampar. | Foto : hms

 

RIAUIN.COM- Himpunan Alumni (HA)  Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) angkatan 27 atau tahun 1990 kembali menggelar aksi menanam pohon, kali ini di Taman Wisata Alam (TWA) Buluh Cina, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Sabtu (11/11/23).

Pada tahun 2023 ini Riau menjadi tuan rumah  aksi menanam dengan tema 'Fahutan 27 Serukan Pemulihan Ekosistem, Jadikan Riau Hijau 2023' dan diikuti oleh 60 peserta alumni Fahutan IPB angkatan 27.

"Selain dari Riau, para alumni ini datang dari Jawa Barat, Jateng, Jatim, Kalimantan Timur, Sumbar, Sumsel, Jambi, Bali,  lainnya," jelas Ketua Panitia kegiatan, Ir H Wahyu.

Awalnya  kata Wahyu, kegiatan tersebut  akan  diikuti oleh Ketum Alumni Fahutan IPB, Bambang Hendroyono namun karena ada tugas negara akhirnya Bambang Hendroyono yang juga Sekjen KLHK batal hadir dan diwakili Kepala Pusdatin KLHK, Edi Sulastiyo.

Wahyu berharap kegiatan tersebut dapat menjadi motivasi bagi masyarakat Riau untuk dapat berpartisipasi menghijaukan Riau sehingga program Riau Hijau yang menjadi misi Gubernur Riau dapat terwujud.

Selain itu hadir juga Dekan Fahutan dan Lingkungan IPB, Profesor DR Naresworo Nugroho, Ketua Fahutan 27, Apep Yusuf, Ketua Himpunan Alumni (HA) IPB Provinsi Riau DR Mamun Murod,  Ketua HA Fahutan IPB Riau, H Mansyur HS, Kepala BBKSDA Provinsi Riau, Genman S. Hasibuan,  Kepala TNTN Heru Sutmantoro,  Kepala SMK Kehutanan Riau, Mukhamad Ari Hidayanto, S.Hut APHI Provinsi Riau Wawan dan  tokoh adat dan agama Desa Buluh China.

Ketua HA Fahutan 27 IPB Apep Yusuf dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada HA 27 dari Pekanbaru yang menjadi tuan rumah tanam yang ke 6, " Karena selama ini kegiatan kita lakukan di Pulau Jawa, nah karena di Riau banyak HA Fahutan angkatan 27, sekali-kali digelar di luar pulau Jawa dan saya sangat bangga dan berterimakasih kepada teman-teman di Riau yang mampu menggelar kegiatan ini," terangnya.

Dijelaskannya angkatan 27 berjumlah kurang lebih 250 orang 70 persen di sektor swasta, wirausaha, 20 persen di ASN dan dosen dan 10 persen ibu rumah tangga," Di ASN alhamdulillah ada pejabat eselon I, II, III dan IV, jadi lengkap," ucapnya.

Ia menambahkan dari selentingan  informasi yang ia dapat pada 5 Desember mendatang Sekjen KLHK Bambang Hendroyono akan memberikan penghargaan apresiasi kepada angkatan 27 ," Jadi saya harapkan nantinya angkatan 27 yang hadir lebih banyak lagi pada hari tersebut sekaligus ikut penanaman bersama Pramuka. Alhamdulillah angkatan 27 juga berpartisipasi untuk rumah asik dan meraih ranking ke 2, kurang lebih Rp400 jutaan kita nyumbang disana," ujarnya.

Dekan Fahutan dan Lingkungan IPB Prof Dr Ir Naresworo dalam sambutannya mengatakan Fahutan IPB sangat mendukung setiap upaya melestarikan bumi  membuat hijau dan memproduksi oksigen dan nanti karbonnya bisa dihihitung," Tadi saya dapat informasi kegiatan menanam di Riau merupakan kegiatan yang keenam, ini sangat luarbiasa sekali, kalau bisa selanjutnya di kampus karena kita ada juga Hutan Konservasi," kata Dekan.

Dekan mengusulkan kepada angkatan 27 untuk menambah program baru yakni  pohon asuh tujuannya memelihara pohon yang sudah ditanam dirawat hingga menjadi teduh sesuai tagline acara ini, tanam, teman, teduh.

"Ini luar biasa, mudah-mudahan dari kegiatan ini kita dapat manfaat, termasuk manfaat bagi masyarakat sekitar, juga sebagai ajang silaturahim antar sesama korsa rimbawan angkatan 27 dengan angkatan yang lain dan bisa ditiru dengan angkatan yang lain juga," ucapnya.

Sementara itu Kepala Pusdatin KLHK, Edi Sulastiyo mewakili Bambang Hendrayono mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang ditaja oleh angkatan 27, " Pak Bambang juga mengapresiasi langkah-langkah nyata dari angkatan 27 karena sudah melakukan penanaman sebanyak 6 kali, ini langkah nyata membantu pemerintah dalam hal ini KLHK  yakni program Forestry and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030. Tadi Kadis LHK Riau Pak Mamun Murod juga mengatakan Riau memiliki program Riau Hijau, ini luar biasa," ujarnya.

Bambang Hendrayono lanjutnya juga mengapresiasi kekompakan angkatan 27 dan menurut Edi ada tiga hal modal sosial kapital pertama adalah velu, tagline teman, tanam dan teduh adalah velu, " Teman adalah memperkuat kekeluargaan kita dan solidaritas kemudian tanam merupakan karya nyata kita, teduh adalah hasil dari tanam kita, insya Allah nanti jadi pohon membuat iklim mikro dan menjadi teduh.

Sementara itu ketua HA IPB Riau DR H Ma'mun Murod mengucapkan selamat datang para angkatan 27 di Bumi Lancang Kuning dan mengapresiasi kegiatan penanaman pohon dan ini yang pertama kali angkatan Fahutan IPB yang datang ke Riau." Jadi saya sangat setuju jika pak Bambang akan memberikan penghargaan kepada angkatan 27 karena telah banyak berbuat di negeri ini," ucapnya.. -rls