Kantor SAR Pekanbaru Gelar Pembinaan SAR Community dan Pelatihan BHD


Kamis, 09 November 2023 - 09:19:52 WIB
Kantor SAR Pekanbaru Gelar Pembinaan SAR Community dan Pelatihan BHD Pidato pembukaan oleh Sestama Basarnas RI/Foto:dnr

RIAUIN.COM - Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kelas A Pekanbaru menggelar acara Pembinaan SAR Community tahun 2023. Acara ini dibuka langsung oleh Sekretaris Utama (Sestama) Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Dr Abdul Haris Achadi, Kamis (9/11/2023).

Sebelum dibuka laporan pelaksanaan kegiatan disampaikan oleh Kepala Kantor SAR Pekanbaru Budi Cahyadi. Acara ini diikuti oleh 64 peserta dari kalangan pers berbagai media online, cetak dan elektronik.

Sestama Basarnas RI Dr Abdul Haris Achadi, SH DES mengatakan, komponen penting dari kolaborasi adalah media. Ada lima komponen penting yaitu, pemerintah, masyarakat, akademisi, pelaku usaha dan media.

"Pembinaan SAR Community ini merupakan kegiatan yang penting bersama media. Media bisa lebih berkiprah sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Tapi, media perlu pembekalan-pembekalan. Quick action itu diperoleh satu jiwa satu rasa. Media merupakan komponen penting dalam rangka melakukan pencarian dan pertolongan," kata Haris.

Quick Action akan diperoleh ketika semua bisa berkolaborasi. "Saya berharap khususnya acara dengan media ini bisa dilakukan secara reguler," ujarnya.

Pada tahun 2023 ini kata Haris, Basarnas RI telah melakukan siaga SAR Khusus, kerjasama dengan internasional, pelatihan tenaga SAR. Operasi SAR Kecelakaan Pesawat, kecelakaan kapal, kondisi membahayakan manusia dan pelatihan potensi.

Selain Pembinaan SAR Community yang diselenggarakan hari ini, Kantor SAR Pekanbaru juga menggelar pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) kepada sejumlah peserta.

BHD adalah bantuan atau pertolongan pertama yang diberikan kepada seseorang yang mengalami cedera, kecelakaan atau sakit yang memerlukan medis dasar. Tujuannya untuk memberi pertolongan terhadap seseorang yang mengalami kondisi kritis atau gawat darurat.

Pelatihan BHD ini sangat penting dilakukan supaya setiap peserta siap dalam menanggulangi kejadian darurat dan dapat melakukan pertolongan kepada orang yang membutuhkan.

"Kita semua tidak berharap adanya musibah atau bencana, tapi kalau itu terjadi kita semua sudah siap," pungkasnya.-dnr