Tingkatkan Literasi dan Inklusi Pasar Modal Bonek, Pasar Modal Selenggarakan NovemberFest


Ahad, 05 November 2023 - 09:33:09 WIB
Tingkatkan Literasi dan Inklusi Pasar Modal Bonek,  Pasar Modal Selenggarakan NovemberFest

RIAUIN.COM- PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) serta didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan 
bekerja sama dengan Phintraco Sekuritas menyelenggarakan NovemberFest dengan tema “Pahlawan Masa Kini, Membangun Negeri” pada Jumat (3/11) di Lapangan Branjangan, Surabaya, Jawa Timur.

NovemberFest yang digelar, Jumat (3/11/2023) bertujuan untuk meningkatkan literasi dan inklusi pasar modal sekaligus menyambut Hari Pahlawan itu langsung dibuka Pj S Sekretaris Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia, Kautsar Primadi Nurahmad.

Acara NovemberFest dikemas dalam bentuk pameran Usaha Kecil dan Menengah (UKM), kompetisi, 
talk show, serta hiburan musik. Penyelenggaraan NovemberFest menargetkan terlaksananya kegiatan
sosialisasi dan edukasi terkait pasar modal kepada 3.000 anggota komunitas supporter Persatuan Sepak 
Bola Surabaya (Persebaya) atau lebih dikenal dengan sebutan “Bonek”.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan Bonek dapat lebih mengenal dan memanfaatkan pasar modal untuk meningkatkan  kesejahteraan, serta ketahanan ekonominya. Selain itu, program ini juga dilaksanakan sebagai upaya mencegah Bonek agar tidak tertipu oleh investasi ilegal, serta berbagai modus penipuan investasi atau  keuangan lainnya yang marak terjadi," kata Kautsar

Berdasarkan data dari KSEI sampai dengan akhir September 2023, jumlah investor di pasar modal Indonesia bertambah secara signifikan mencapai 11,6 juta investor, atau tumbuh 13,87% year-to-date (ytd). Kemudian, jumlah investor pasar modal di Surabaya tumbuh secara signifikan mencapai 307 ribu  investor, atau tumbuh 9,98% ytd.

Hal ini menunjukkan bahwa antusiasme masyarakat Surabaya masih cukup tinggi dalam berinvestasi di pasar modal Indonesia.

Penyelenggaraan acara NovemberFest ini juga sejalan dengan kampanye “Aku Investor Saham” yang  bertujuan untuk mendorong peningkatan jumlah investor. Dengan meningkatnya jumlah investor, maka semakin banyak masyarakat bisa menikmati potensi pertumbuhan pasar modal Indonesia.

"Ke depannya, diharapkan sinergi serta kolaborasi antar stakeholders dapat semakin meningkat sehingga seluruh pihak  dapat berperan secara aktif mengembangkan pasar modal Indonesia secara berkelanjutan," katanya.

Data Perdagangan selama sepekan terdapat 1 pencatatan perdana saham di pasar modal Indonesia. PT Agro Bahari Nusantara Tbk (UDNG) mulai mencatatkan sahamnya di Papan Akselerasi BEI pada Senin (31/10/2023).

UDNG merupakan perusahaan ke-74 yang tercatat di BEI pada tahun 2023 dan bergerak pada sektor Barang Konsumen Primer dengan sub industri Ikan, Daging & Produk Unggas.
Data perdagangan BEI selama periode tanggal 30 Oktober sampai dengan 3 November 2023 berada pada zona positif. Peningkatan terbesar terjadi pada rata-rata volume transaksi harian Bursa sebesar 34,04% selama sepekan, yaitu menjadi 22,84 miliar lembar saham dari 17,04 miliar lembar saham 
pada pekan lalu.

Rata-rata nilai transaksi harian Bursa selama sepekan turut meningkat 21,04%  menjadi sebesar Rp10,95 triliun dari Rp9,05 triliun pada sepekan yang lalu. Kemudian, peningkatan sebesar 5,5% terjadi pada rata-rata frekuensi transaksi harian Bursa selama sepekan, menjadi 1.258.036 kali transaksi dari 1.192.431 kali transaksi pada pekan lalu. Kapitalisasi pasar Bursa pekan 
ini turut mengalami kenaikan, yaitu sebesar 0,19% menjadi Rp10.55 triliun dari Rp10.53 triliun pada 
pekan sebelumnya.

Selama sepekan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami kenaikan
sebesar 0,44% menjadi berada di posisi 6.788,850 dari 6.758,793 pada pekan lalu. Investor asing pada hari ini mencatatkan nilai beli bersih sebesar Rp309,60 miliar, dan sepanjang tahun 2023 investor  asing telah mencatatkan nilai jual bersih sebesar Rp14,14 triliun.-rls