Khalil Suleiman Halilu Terkesan dengan Keramahan Orang Kampar, Ngaku Ingin Kembangkan Mesin Pabrik Pupuk Batubara di Nigeria


Rabu, 25 Oktober 2023 - 11:56:26 WIB
Khalil Suleiman Halilu Terkesan dengan Keramahan Orang Kampar, Ngaku Ingin Kembangkan Mesin Pabrik Pupuk Batubara di Nigeria Mr Khalil Suleiman Halilu dari Nigeria bersama Pj Bupati Kampar. | Foto : diskominfo Kampar.

RIAUIN.COM- Pabrik pupuk berbahan baku batubara di Desa Sungai Pinang yang diresmikan Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus pada Senin, 23 Oktober 2023 lalu tak hanya jadi angin segar bagi dunia pertanian dan perkebunan dalam negeri, tapi juga mengundang pihak-pihak dari berbagai negara untuk mencari tahu lebih banyak mengenai teknologi pengolahannya.

Pada saat peresmiannya, banyak orang asing berada di lokasi. Mereka berasal dari negara Amerika Serikat, Malawi, Kenya Nigeria dan Zimbawe.

Menurut Executive Vice Chairman Mr. Khalil Suleiman Halilu from National Agency for Science & Engineering Infrastructure (NASENI) Nigeria, kedatangannya dan tim ke Kampar untuk melihat langsung proses pengolahan pupuk dari bahan baku batubara. Sebab, pengolahan batubara menjadi pupuk merupakan teknologi pertama di dunia yang ditemukan di Indonesia oleh orang Kampar bersama rekannya.

Khalil menyebut, timnya akan melihat proses berjalannya pabrik selama beberapa waktu, termasuk ia ingin melihat bagaiman teknologi pengolahan pabrik bekerja.

Setelah mempelajari banyak hal, nantinya, ia akan mengembangkan pabrik ini di negaranya. Ia mengatakan, prospek pupuk dari bahan baku batubara sangat menjanjikan di masa depan. Menurut dia, pupuk menjadi instrumen yang sangat penting di negaranya yang terus mengembangkan sektor pertanian dan perkebunannya menjadi salah satu yang maju dan terbesar di benua Afrika.

Selama berada di Kampar, Khalil juga merasa nyaman, karena keramahan dan kehangatan orang orangnya. Dia juga memuji sosok Pj Bupati Kampar , Muhammad Firdaus sebagai pribadi yang menyenangkan.

Dengan telah diresmikannya pabrik pupuk berbahan baku batubara pertama di dunia yang berlokasi di Desa Sungai Pinang, Kecamatan Tambang, Pj Bupati Muhammad Firdaus memastikan warga Kampar mendapat peluang kerja yang besar di PT Bursatani Futura Andyta ini.

Dia ingin, pabrik berteknologi canggih dan satu-satunya di dunia ini, dapat menyerap tenaga kerja lokal sehingga dapat pula membantu Pemda Kampar menurunkan angka pengangguran.

Kata Muhammad Firdaus, karena pabrik ini baru saja dibuka, tidak semua kebutuhan kerja dapat dipenuhi oleh tenaga kerja lokal di Kampar.

Terang dia, masih ada peluang dan tenaga dengan skill tertentu yang masih membutuhkan tenaga kerja dari luar sesuai dengan kebutuhan operasional pabrik. Masih perlu waktu untuk transfer skil dan kemampuan dari tenaga kerja dari luar terhadap tenaga kerja lokal untuk bidang-bidang tertentu.

"Sejauh ini tentu tidak semua bidang dan keahlian tenaga kerja bisa kita penuhi, masih ada posisi tertentu yang membutuhkan keahlian khusus. Kita kombinasikan lah antara tenaga kerja lokal kita dengan tenaga kerja dari luar Kampar dan dari luar Riau," ucap Firdaus.

Muhammad Firdaus juga menjelaskan, dipilihnya Kampar sebagai lokasi berdirinya pabrik ini bukan perkara sederhana mengingat wilayah Indonesia ini begitu luas. Sehingga kata dia, Kampar dipilih karena posisinya yang sangat strategis bahkan untuk di Riau, Kampar juga sangat strategis.
Pj Bupati Kampar, Muhammad Firdaus meresmikan pabrik pupuk berbahan baku batubara di Desa Sungai Pinang, Tambang, Senin 23 Oktober 2023.

Pabrik pupuk berbahan baku batubara ini merupakan yang pertama di dunia. Yang ditemukan oleh putra Kampar bersama rekannya yang juga orang Indonesia.

Pabrik ini akan menjadi solusi penting dalam memasok kebutuhan pupuk di daerah Kampar di tengah melonjaknya harga pupuk beberapa tahun ini.

Saat peresmian pabrik ini, warga dari 5 negara turut hadir menyaksikan untuk kemudian akan mereka terapkan di negara mereka. Warga asing tersebut berasal dari Amerika, Nigeria Zimbabwe, Malawi dan Kenya

Adapun kandungan pupuk produksi PT. Bursatani Futura Andyta, terbilang lengkap, kandungannya memiliki berbagi unsur, mulai dari N, Mg Ca, S, Cogarnik, Na, Mn, Fe, B, Cu, P2O5, Co, Mo, Ni, Cd, Zn dan K2O.-naz