Harimau Sumatera Berkeliaran di Kawasan HTI Siak, Warga Resah


Selasa, 24 Oktober 2023 - 14:41:31 WIB
Harimau Sumatera Berkeliaran di Kawasan HTI Siak, Warga Resah Penampakan Harimau Sumatera di Siak/foto:ss

RIAUIN.COM - Pekerja di sekitar kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) di Kecamatan Pusako, Kabupaten Siak dibuat resah akibat kemunculan seekor Harimau Sumatra, pada Rabu (18/10/2023). Harimau tersebut terekam kamera pekerja salah satu perusahaan yang saat itu melintas di HTI di Kilometer 14.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah 4 BBKSDA Riau, Azmardi menjelaskan, kemunculan harimau ini terjadi dua hari berturut-turut  dan  diduga hewan buas ini tengah mencari mangsa di wilayah jelajahnya. 

"Kami menduga kuat kemunculan harimau disebabkan karena daerah tersebut merupakan wilayah jelajahnya," kata Azmardi, Selasa (24/10/2023). 

Azmardi menambahkan bahwa daerah tersebut pernah ada peternakan sapi milik warga. "Menurut informasi pada tahun sebelumnya pernah ada ternak sapi disekitar tempat harimau melintas, dan bisa jadi itu menjadi pemicunya," jelas Azmardi. 

Untuk memantau pergerakan harimau tersebut, BKSDA Riau akan memasang kamera perangkap atau (camera trap) di lokasi kemunculan harimau itu. 

"Kami menghimbau warga agar tidak mengganggu harimau dan meningkatkan kewaspadaan saat beraktifitas di luar," pungkasnya.-dnr