Bupati Inhu Resmi Sandang Gelar Datuk Seri Setia Amanah dari LAMR


Senin, 16 Oktober 2023 - 18:45:47 WIB
Bupati Inhu Resmi Sandang Gelar Datuk Seri Setia Amanah dari LAMR Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi SE,Sabtu (14/10/2023) Masehi bertepatan tanggal 28 Rabi'ul Awal 1445 Hijriyah menerima penabalan gelar kehormatan sebagai 'Datuk Seri Setia Amanah dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Indragiri Hulu

RIAUIN.COM- Bertempat di Museum Rumah Tinggi Rengat, Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi SE, Sabtu (14/10/2023) Masehi bertepatan tanggal 28 Rabi'ul Awal 1445 Hijriyah menerima penabalan gelar kehormatan sebagai 'Datuk Seri Setia Amanah dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Indragiri Hulu.

Penabalan gelar kehormatan tersebut dilakukan sebagaimana amanah dari Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Riau Nomor 1 Tahun 2012 tentang Lembaga Adat Melayu Riau.
 
Gelar adat kehormatan yang kini resmi disandangnya dan  menjadi moment istimewa bagi Rezita Meylani Yopi SE.

Sebelum acara penabalan gelar tersebut dilaksanakan di Museum Rumah Tinggi Rengat, Rangkaian acara dimulai dengan tradisi arak-arakan pemberangkatan dari rumah  Dinas Bupati Inhu Jalan Jendral Ahmad Yani Rengat.

Mengenakan pakaian kebesaran Adat Melayu Bupati Rezita bersama sang suami H Yopi Arianto SE ibarat sepasang pengantin baru. Keduanya dan rombongan berangkat menuju lokasi acara Museum Rumah Tinggi Rengat dengan kendarai becak hias.

Di Museum Rumah Tinggi Rengat, prosesi pun berlangsung dengan khidmat. Rangkaian kegiatan dimulai dengan pembacaan ayat suci al Quran. Kemudian penyampaian elu-eluan oleh Ketua DPH LAMR Inhu Datuk Seri Ali Fahmi Azis.

Tidak hanya dihadiri pihak keluarga, Forkopimda Inhu diantaranya tampak hadir kapolres Inhu AKBP Dodi Wirawijaya SIK,Sekda Inhu H Hendrizal MS.i, Para Pejabat  Kepala OPD, Kabag dan Camat di Lingkungan Pemkab Inhu dan elemen masyarakat Inhu, sejumlah tokoh penting di Riau turut hadir diantaranya seperti tokoh masyarakat Riau H Rusli Zainal, Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR Provinsi Riau Datuk Seri HR Marjohan Yusuf bersama Ketua DPH LAMR Provinsi Riau Datuk Seri H Taufik Ikram Jamil dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkalis Bagus Santoso.

Selain di dalam museum, masyarakat juga turut memenuhi areal halaman Museum Rumah Tinggi Rengat untuk mengikuti jalannya prosesi penabalan.

Diketahui, penganugerahan gelar adat ini berdasarkan Surat Keputusan Nomor: 010/LAMR_Inhu/IX/2023/1445 H tentang penganugerahan gelar kehormatan adat Melayu Riau.

Penganugerahan gelar adat ditandai dengan penyematan lambang kebesaran adat berupa mahkota dan selempang serta keris pusaka oleh Ketua Majelis Kerapatan Adat LAMR Kabupaten Indragiri Hulu Datuk Seri Encik Aljunaidi.

Setelah selesai penabalan gelar kehormatan kepada Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi SE dilanjutkan dengan tradisi pemberian tepung tawar. Saat tepung tawar, Bupati Rezita didampingi suami H Yopi Arianto duduk bersanding diatas dipeterahan.

"Saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas penganugerahan gelar kehormatan Datuk Seri Setia Amanah ini. Semoga amanah yang tertumpang seiring gelar adat ini mampu saya laksanakan," tutur Bupati Rezita sampaikan elu-eluan.

Bagi Bupati Rezita, Penabalan gelar kehormatan adat ini merupakan bagian dari upaya mengangkat batang terendam terhadap kesejarahan Budaya Melayu.

Ia juga mengatakan sejak awal kepemimpinan sebagai bupati upaya tersebut juga telah turut dilakukan. Termasuk dengan dikeluarkannya peraturan Bupati Indragiri Hulu tentang kurikulum muatan lokal melayu Riau pada jenjang SD dan SMP.

Selain itu, upaya revitalisasi sejumlah objek kebudayaan di Inhu juga sudah dilakukan.

"Karenanya itu, saya memohon doa dari para orang tua dan seluruh masyarakat, kiranya di tengah kepemimpinan ini saya mampu untuk terus berbuat, berjuang dan terus berupaya wujudkan cita-cita menuju Inhu yang bermarwah, bermartabat dan semakin sejahtera," harapnya.

Dalam kesempatan itu, sederet ucapan selamat pun disampaikan para tokoh dan pejabat yang hadir termasuk ucapan selamat dari H Rusli Zainal mantan Gubernur Riau juga hadir.

"Saya ucapkan selamat kepada Puan Rezita Meylani atas penganugerahan gelar kehormatan Datuk Seri Setia Amanah. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan keberkahan," tutur H Rusli Zainal yang terkenal dekat masyarakat melayu Riau ini.

Rusli Zainal pun turut mengapresiasi atas upaya nyata yang telah dilakukan Bupati Rezita melalui Perbup tentang muatan lokal budaya melayu dalam dunia pendidikan.

Menurutnya, ini merupakan bagian dari wujud nyata untuk membumikan dan meninggikan budaya melayu.

Usai keseluruhan prosesi digelar, dijadwalkan agenda acara berlanjut dengan kunjungan ke Masjid Raya Ar Rahman dalam rangka penyerahan santunan kepada anak-anak yatim piatu.

Selesai Ba'da dzuhur seluruh Bupati rezita berserta rombongan melakukan ziarah ke makam sultan Indragiri di Mesjid Raya Rengat dan Dilanjutkan ke Makam-makam Raja Indragiri di Desa Kota Lama, Rengat Barat.

Saat melakukan ziarah ke makam-makam raja tersebut. Bupati Rezita didampingi Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setdakab Inhu H Syahruddin, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga dan Pariwisata Kab Inhu Atan SP dan sejumlah Kepala OPD, Kepala Bagian dan Camat di Lingkungan Pemkab Inhu. --Advetorial/Gus