Dua Rumah Hangus Terbakar, Pj Walikota Padang Panjang Segera Turun ke Lokasi Berikan Bantuan


Jumat, 13 Oktober 2023 - 17:55:01 WIB
Dua Rumah Hangus Terbakar, Pj Walikota Padang Panjang Segera Turun ke Lokasi Berikan Bantuan Pj Walikota Padang Panjang Sonny Budaya Putra didampingi Anggota DPRD Padang Panjang Novi Hendri secara simbolis menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran di Kelurahan Sigando, Jumat siang./foto:nal.

RIAUIN.COM - Musibah kebakaran terjadi di RT 09 Solok Batuang, Kelurahan Sigando, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, menjelang solat Jumat, sekitar pukul 12.10 WIB, (13/10/2023).

Sebanyak 2 rumah semi permanen yang dihuni 22 orang tercatat di 7 kepala keluarga (KK), hangus dilalap si jago merah. Meski tidak ada korban jiwa, musibah kebakaran ini diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

"Kebakaran karena kosleting listrik," salah seorang saksi mata di lokasi kepada Riauin.com.

Sekitar satu jam setelah kejadian, Pj Walikota Padang Panjang Sonny Budaya Putra beserta instansi terkait terlihat berada di lokasi. Kedatangan Sonny, didampingi anggota DPRD Padang Panjang Dr Novi Hendri Dt Bagindo Saidi. Sejumlah calon anggota DPRD serta ratusan warga berbondong-bondong di lokasi kebakaran tersebut.

Pantauan di lapangan, sesampai di lokasi kebakaran, Sonny langsung mendatangi warga yang terkena musibah. Seketika, tangis korban pecah saat menceritakan kejadian terkait hangusnya rumah mereka. Sonny pun turut prihatin. Dia berupaya menghibur korban dan memeluk anak-anak korban yang masih usia sekolah.

Tak lama berselang, mobil BPBD Padang Panjang membawa berbagai macam kebutuhan korban. Mulai dari kebutuhan pokok, hingga peralatan sekolah untuk anak-anak.

"Usai solat Jumat, saya dapat kabar dan langsung ke lokasi. Kita harus bersabar, karena musibah ini ujian dari Allah SWT. Sejumlah kebutuhan pokok langsung kita berikan kepada korban. Termasuk peralatan sekolah anak-anak. Intinya, anak-anak tidak boleh libur sekolah," kata Sonny kepada sejumlah korban kebakaran di lokasi.

Selain itu, lanjut Sonny, pihaknya sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk tanggap darurat selama 3 hari ke depan. Termasuk bantuan dari Baznas Padang Panjang melalui Dana Peduli.

"Besok, melalui anggaran daerah kita mulai bangun rumah layak huni. Saya sudah instruksikan Lurah Sigando untuk menyiapkan segala hal yang dibutuhkan korban, termasuk dapur umum dan penginapan. Nanti ada juga bantuan dari Baznas Padang Panjang," kata Sonny yang baru Kamis kemaren dilantik sebagai Penjabat (Pj) Walikota Padang Panjang oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah.

Anggota DPRD Padang Panjang Dapil 2 Novi Hendri pada saat yang sama juga menyerahkan bantuan kepada korban. Melalui dana pokok pikiran (pokir) yang berada di BPBD, Novi menyerahkan bantuan melalui Family Kids berupa selimut, kebutuhan mandi, matras dan perlengkapan sekolah.

"Bantuan ini merupakan Pokir saya di BPBD Padang Panjang. Mudah-mudahan bisa meringan korban kebakaran di kampung kita ini," ujar Novi yang juga caleg DPRD Sumatera Barat nomor urut 4 dari Partai Golkar.

Tokoh muda Nagari Gunuang Ridwansyah juga tampak di lokasi bersama Ketua Persatuan Pemuda Gunuang (PPG) Satria Donald Dt Rangkai Tuo.

"Melalui organisasi PPG besok kita gotong royong di lokasi dan memberikan bantuan dari sumbangan masyarakat yang kita akomodir di setiap jurai. Insyaallah, dengan kebersamaan ini, musibah yang melanda dunsanak kita bisa menjadi ringan," jelas Uncu, sapaan akrab Ridwansyah, yang juga Caleg Golkar nomor urut 7 dari dapil Padang Panjang Timur.**