Tiga Strategi Kembangkan BRK Syariah


Rabu, 11 Oktober 2023 - 15:52:55 WIB
Tiga Strategi Kembangkan BRK Syariah Boy Syamsul Bakhri

                        .Penulis 
Sekjen Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) DPW Riau

 

Setidaknya ada tiga hal yang dapat dijadikan strategi dalam mengembangkan BRKS sehingga perkembangannya semakin cepat, terarah, dan tentunya berkah. Pertama, hendaknya BRKS hadir sebagai penyokong dan penguat pertumbuhan semua sektor ekonomi dan keuangan syariah di Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau dengan berbagai skema pembiayaan bagi pelaku industri halal, baik yang berskala besar maupun UMKM, perlu dikembangkan termasuk ketersediaan layanan penghimpunan dan penyaluran dana sosial syariah dari masyarakat, ASN, karyawan BUMD, dan lainnya.

Kedua, BRKS perlu terus meningkatkan layanan termasuk penyempurnaan implementasi digitalisasi perbankan dengan menambah fitur-fitur pada sistem mobile banking dan ketersediaan link dengan e-commerce, teknologi finansial, serta sistem pembayaran agar diperbanyak.

Ketiga, BRKS perlu terus menjajaki dan mengembangkan berbagai program potensial guna memperluas pangsa pasar syariah.

Polemik dan kasus-kasus yang sempat terekspos hendaklah menjadi masa lalu dan bahan pembelajaran yang berarti bagi BRKS karena polemik yang berkepanjangan dan pemberitaan negatif sungguhlah sangat tidak elok.

Kepercayaan nasabah akan menurun dan tentunya masyarakat tidak ingin BRKS khususnya dan perbankan syariah umumnya mendapat penilaian yang tidak baik. Mungkin ada kekurangan dan target yang yang belum tercapai. Ini adalah hal yang wajar mengingat baru lebih kurang setahun BRK mengonversikan diri menjadi BRKS.

Belum lagi kalau bicara iklim ekonomi dan bisnis yang kurang bersahabat dan semakin tidak bersahabat semenjak pandemi melanda dunia. Segera diidentifikasi dan dicari solusinya secara profesional dan proporsional karena masyarakat yakin BRKS mampu melakukannya.

Beri kesempatan BRKS berbenah untuk menjadi lebih baik. Apalagi jika nantinya akan terpilih Direktur Utama yang baru dan memiliki kompetensi perbankan syariah serta kepemimpinan yang baik, tentunya tidak berlebihan masyarakat berharap BRKS menjadi yang terdepan dalam menggerakkan roda ekonomi dan bisnis khususnya ekonomi dan bisnis syariah di dua provinsi yang bersaudara ini. ***