Kualitas Udara di Riau Memburuk, Disdik Berlakukan PBM Daring


Ahad, 08 Oktober 2023 - 17:22:47 WIB
Kualitas Udara di Riau Memburuk, Disdik Berlakukan PBM Daring Jalan HR Soebrantas, Pekanbaru/foto:Ferdian Eriandy

RIAUIN.COM - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau telah mengeluarkan surat edaran proses belajar mengajar (PBM) terkait bencana kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Surat edaran nomor 420/Disdik/2.0/2023/26550 tersebut ditujukan ke seluruh SMA, SMK dan SLB se Provinsi Riau disiarkan pertimbangan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di beberapa wilayah Kabupaten/Kota di Provinsi Riau yang saat ini menunjukkan kualitas udara dengan level tidak sehat. 

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Riau, Dr Kamsol mengungkapkan, Disdik Riau meminta kepada seluruh Kepala Satuan Pendidikan SMA/SMK/SLB Negeri dan Swasta untuk melaksanakan PBM secara daring (dalam jaringan) mulai Senin, 9 Oktober 2023 besok terhadap wilayah yang kualitas udaranya tidak sehat. PBM dilaksanakan dari rumah yang sistem pelaksanaannya diatur oleh satuan pendidikan masing-masing.

"Untuk wilayah-wilayah yang kualitas udaranya sudah sangat tidak sehat, siswa belajar secara daring dari rumah," kata Kamsol, Minggu (8/10/2023).

Selanjutnya, Disdik Riau juga mengimbau siswa-siswi beserta guru dan tenaga pendidik untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat serta selalu memakai masker dalam beraktifitas di luar rumah dan mengurangi kegiatan atau aktifitas siswa di luar rumah.

"Apabila Indeks Standar Pencemaran Udara pada masing masing wilayah Kabupaten/Kota sudah membaik, agar melaksanakan proses belajar mengajar di sekolah seperti biasa atau luring," pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala SMA Negeri 22 Tambang, Kabupaten Kampar, Bujang membenarkan hal tersebut dan PBM daring dilaksanakan hingga Selasa.

"Ya, lihat kondisi cuaca, kalau SMA 2 Tambang kita daringkan dulu sampai Selasa," sebutnya.-dnr