Disnakertrans Riau Terus Pantau Realisasi Nota Pemeriksaan di PT Totalindo


Kamis, 05 Oktober 2023 - 18:01:01 WIB
Disnakertrans Riau Terus Pantau Realisasi Nota Pemeriksaan di PT Totalindo Kabid Pengawasan Disnakertrans Riau, Rival Lino/foto:dnr

RIAUIN.COM -  Pengawas Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau telah menerbitkan nota hasil pemeriksaan terkait insiden kecelakaan kerja di PT Totalindo Eka Persada Tbk. Dalam inisen ini, seorang pekerja konstruksi tewas usai terjatuh dari lantai 3 Gedung University Main Library (UML) kampus Universitas Riau (Unri), Kota Pekanbaru.

Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan Ketenagakerjaan Disnakertrans Provinsi Riau, Rival Lino menjelaskan, PT Totalindo Eka Persada Tbk sudah menjawab nota hasil pemeriksaan yang dikeluarkan oleh pengawas ketenagakerjaan. Perusahaan tersebut berjanji akan menjalankan rekomendasi dan temuan-temuan dari pengawas yang dituangkan dalam nota tersebut.

Namun, untuk memastikan apakah rekomendasi dan temuan Disnakertrans Riau sepenuhnya dijalankan, Tim Pengawas Ketenagakerjaan akan melakukan kroscek dan sidak ke lokasi proyek yang dikerjakan oleh perusahaan tersebut.

"Dari jawaban tersebut kita akan melihat langsung ke lapangan dalam minggu ini. Apakah sudah direalisasikan perbaikan-perbaikan tersebut," kata Rival, Kamis (5/10/2023).

Jika rekomendasi dan temuan itu diketahui tidak diaplikasikan di lapangan, maka Disnakertrans akan menerbitkan nota kedua. "Kalau hanya menjawab saja tetapi belum ada realisasinya, maka akan diterbitkan nota pemeriksaan kedua," lanjut Rival.

Jika nota kedua terbit, PT Totalindo Eka Persada Tbk diberikan jangka waktu selama 7 hari untuk merespon nota tersebut. "Jika tidak baru nanti masuk ke ranah pro justicia, proses penyidikan dan penegakan hukumnya," tegas Rival.

Dengan adanya jawaban surat dari PT Totalindo Eka Persada Tbk ke Disnakertrans Riau, Rival berharap rekomendasi dari nota hasil pemeriksaan pertama dapat terealisasi dengan lebih baik. 

"Kita akan coba kroscek untuk menghindari kecelakaan lagi. Target kita kalau bisa di setiap proyek konstruksi di Riau ini zero accident dan tidak ada fatalitas," pungkasnya.

Seperti diketahui, seorang pekerja tewas usai terjatuh dari lantai 3 di Gedung University Main Library (UML) kampus Universitas Riau (Unri), Kota Pekanbaru.

Kejadian naas itu terjadi pada Selasa (25/7/2023) sekira pukul 10.15 WIB. Korbannya adalah Rudianto (46). Dia diduga terpeleset dan terjatuh dari lantai 3 setinggi 12 meter ketika berusaha melepas bekisting (mal papan cor).

Chief Healthy Safety Environment (HSE) PT Totalindo Eka Persada Tbk, Agus Rufawan ketika dikonfirmasi beberapa waktu lalu menjelaskan kronologi peristiwa tersebut. Kata dia, saat itu korban sedang memindahkan cantolan body harness ke posisi lain dari posisi awal, namun tiba-tiba dia terpeleset dan jatuh.

"Sebelum kejadian memang ada bagian bekisting (mal pencetak beton) kita yang sudah dibongkar. Pekerja kita mengambil inisiatif keluar. Pada saat di luar korban mau pindah posisi (agak tengah) dia terpeleset saat melepas body harness dari lantai 3, mungkin licin, jatuh dia disitu," kata Agus Rufawan. 

Saat jatuh, sebut Agus, kondisi korban sangat parah dan saat itu juga dievakuasi ke RS Awal Bros Panam.

"Waktu itu saya di posisi bawah lihat kondisi korban, memang kondisinya parah dan kita langsung evakuasi ke rumah sakit. Saat sampai di rumah sakit kondisi korban masih sadar," ujarnya.

Setelah dilakukan observasi di rumah sakit, diketahui tangan kanan dan kaki kanan korban patah serta terdapat luka di pelipis mata.

"Setelah dilakukan observasi kondisi korban drop. Saat dibawa ke ICU kondisi korban sudah tidak normal dan jam 17.00 WIB dinyatakan meninggal dunia," ungkap Agus.

Soal penggunaan alat pelindung diri (APD), Agus menyebut seluruh pekerja konstruksi di proyek tersebut telah memakai perlengkapan susuai standar yang diterapkan perusahaan. Bahkan kata dia, seluruh pekerja kontraktor PT Totalindo Eka Persada Tbk sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dan juga telah dilaporkan ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau.-dnr