Udara Tak Sehat, Disdik Riau Imbau Sekolah Wajibkan Siswa Gunakan Masker


Rabu, 04 Oktober 2023 - 11:32:15 WIB
Udara Tak Sehat, Disdik Riau Imbau Sekolah Wajibkan Siswa Gunakan Masker Murid SDN 6 Pekanbaru mulai diwajibkan menggunakan masker/foto:dnr

RIAUIN.COM - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau mengimbau seluruh sekolah-sekolah agar mewajibkan siswa untuk menggunakan masker, baik saat belajar maupun beraktifitas di luar ruangan.

Hal ini disebabkan karena kualitas udara di Kota Pekanbaru dan sekitarnya mulai memburuk akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Kita kita sudah mengimbau agar siswa ke sekolah memakai masker dan banyak minum air putih dan mencuci tangan. Kurangi aktifitas di luar dan minta kepada guru serta Kepala Sekolah mengawasi anak anak pulang dan masuk sekolah," ujar Kamsol, Selasa (3/10/2023) malam.

Dijelaskannya, tidak menutup kemungkinan apabila kondisi udara terus memburuk, Disdik Riau akan mempertimbangkan akan memberlakukan pembelajaran secara daring.

"Saat ini belum, kita lagi koordinasi dengan Dinkes (Dinas Kesehatan) terkait tingkat udara dan kesehatan masyarakat," pungkasnya.

Sesuai data terupdate BMKG Rabu (4/10/2023) kualitas udara di Kota Pekanbaru tergolong tidak sehat. Hal ini tertera pada grafik yang menyentuh garis kuning dengan angka 54,7 µgram/m3.

"Total hotspot di Riau hari ini 21 titik yang tersebar di 6 kabupaten. Kampar 3 titik, Kuantan Singingi 4, Pelalawan 1, Rokan Hulu 6, Indragiri Hilir 1 dan Indragiri Hulu 6," kata Forecaster on Duty BMKG, Mia V.-dnr