Kualitas Udara Mulai Tak Sehat, Pelajar SD di Pekanbaru Dianjurkan Pakai Masker


Senin, 02 Oktober 2023 - 12:34:38 WIB
Kualitas Udara Mulai Tak Sehat, Pelajar  SD di Pekanbaru Dianjurkan Pakai Masker Pelajar SDN 6 Pekanbaru gunakan masker saat belajar/foto:dnr

RIAUIN.COM - Akibat cuaca dan kualitas udara Kota Pekanbaru yang belakangan mulai kurang baik karena kebakaran hutan dan lahan (karhutla), sejumlah sekolah mulai mewajibkan murid-murid menggunakan masker di sekolah.

Salah satu yang mewajibkan siswa menggunakan masker adalah di SDN 6 Pekanbaru. Walaupun kegiatan belajar mengajar masih berjalan normal, pihak sekolah telah melakukan antisipasi kepada murid-murid sejak dini agar tidak terserang infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

"Kepala Sekolah sudah menghimbau sejak Sabtu pagi, murid-murid dianjurkan memakai masker ke sekolah dan mengurangi aktifitas di luar rumah atau sekolah," kata Arta Manalu, guru kelas III A SDN 6 Pekanbaru, Senin (2/10/2023).

Terkait kualitas udara yang mulai memburuk, Arta mengungkapkan proses belajar mengajar dan jam belajar masih seperti biasa, belum beralih ke sistem Daring (online).

"Kalau memang ada himbauan dari pimpinan. Sampai saat ini (jam belajar, red) masih seperti biasa. Belum ada perubahan, masih Senin sampai Sabtu, karena kami belajarnya masih seperti biasa," jelasnya.

Pihak sekolah berharap, dinas terkait agar bisa memberikan bantuan masker kepada seluruh siswa karena saat ini masker yang digunakan saat ini dibeli secara swadaya dan belum sesuai standar kesehatan.

"Harapan kami kepada pihak yang berkompeten dalam hal ini mudah-mudahan ada iktikad membagikan masker ke sekolah," pungkasnya.

Sementara, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi 14 titik kebakaran hutan dan lahan yang tersebar di 5 kabupaten di provinsi Riau.

"Khusus di Riau, 14 titik hotspot itu berada di 5 kabupaten. Kabupaten Bengkalis 1 titik, Kuantan singingi 1, Rokan Hilir 8, Rokan Hulu 3, dan Siak 1 titik," kata Forecaster on Duty BMKG SSK II Pekanbaru, Yasir P.

Jarak pandang di Kota Pekanbaru dan beberapa wilayah lainnya mencapai 2,5-5 kilometer dengan status udara kabur. "Kota Pekanbaru, Indragiri Hulu, Kota Dumai, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Kampar  jarak pandang 2,5 hingga 5 kilometer udara kabur," jelasnya.

Cuaca di Kota Pekanbaru dan sekitarnya cenderung cerah hingga berawan. "Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Siak, Kabupaten Pelalawan dan Kota Pekanbaru," kata dia.

Dilihat dari website resmi BMKG, kualitas udara Kota Pekanbaru sempat menurun hingga level tidak sehat dan menyentuh garis kuning. Hari ini, kualitas udara mulai sedikit membaik dengan 52.70 Āµgram/m3.-dnr