Langit Kota Pekanbaru Mulai Diselimuti Kabut Asap


Sabtu, 30 September 2023 - 09:05:42 WIB
Langit Kota Pekanbaru Mulai Diselimuti Kabut Asap Suasana Kota Pekanbaru di pagi hari pada Minggu (11/9/2023) lalu/foto:azf-dnr

RIAUIN.COM - Cuaca Kota Pekanbaru, Riau beberapa hari belakangan terlihat kabur dan terlihat mulai diselimuti kabut. Dari pantauan, pagi hingga siang hari kabut tipis terlihat dan sedikit mengurangi jarak pandang.

Sesuai data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), terdapat 114 titik panas (hotspot) di 7 kabupaten di Provinsi Riau.

"Kabupaten Kampar 1 titik, Kuantan singingi 7, Pelalawan 5, Rokan Hilir 3, Rokan hulu 17, Indragiri Hilir 37 dan Indragiri Hulu 44," kata Forecaster on Duty, Mohammad Ibnu A, Sabtu (30/9/2023).

Sementara jarak pandang di Kota Pekanbaru dan beberapa wilayah lainnya mencapai 3-5 kilometer dengan status udara kabur. "Kota Pekanbaru, Indragiri Hulu, Kota Dumai, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Kampar  jarak pandang 3-5 kilometer udara kabur," jelasnya.

Soal mulai Kota Pekanbaru mulai diselimuti kabut asap, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Ramlan membenarkan hal ini. Kata dia, kabut tipis itu dipicu pergerakan asap karhutla dari provinsi tetangga.

"Beberapa hari ini memang terjadi kebakaran di wilayah Pelalawan dan Indragiri Hulu (Inhu). Banyaknya asap yang terjadi di provinsi tetangga seperti Jambi dan Sumsel, hal ini juga memicu pergerakan asap dari wilayah tenggara dan timur dari Kota Pekanbaru," kata Ramlan.-dnr