Fadly Targetkan 10 Kursi NasDem di Pileg 2024, Maju Pilkada Sumbar?


Jumat, 29 September 2023 - 15:01:53 WIB
Fadly Targetkan 10 Kursi NasDem di Pileg 2024, Maju Pilkada Sumbar? Fadly Amran foto bersama dengan anggota DPRD Padang Panjang dan Forkopimda, usai paripurna pengesahan APBD Perubahan Kota Padang Panjang tahun 2023./nak.

RIAUIN.COM- Masa jabatan Fadly Amran-Asrul sebagai Walikota dan Wakil Walikota Padang Panjang berakhir 9 Oktober 2023 nanti. Meski tidak lagi menjabat sebagai Walikota, bukan berarti aktifitas sehari-hari Fadly berkurang.

Ketua Partai Nasional Demokrat (NasDem) Provinsi Sumbar ini menyebutkan, selesai jabatan Walikota, aktifitasnya semakin padat karena selain mengurus sejumlah usaha, dia juga fokus untuk mewujudkan target NasDem di Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres).

"Ya, yang pasti setelah masa jabatan berakhir, saya akan mengali potensi diri saya yang belum terealisaisi, sebagai seorang pengusaha. Kemudian juga fokus menghadapi Pileg dan Pilpres," kata Fadly menjawab Riauin.com, di sela-sela menghadiri rapat paripurna pengesahan APBD Perubahan 2023 di Gedung DPRD Padang Panjang, Kamis (28/9/2023) kemaren.

Melihat potensi-potensi Calon Legislatif (Caleg) di daerah, Fadly optimis NasDem mampu meraih 10 kursi di DPRD Sumbar. Apalagi Pileg dan Pilpres serentak dilaksanakan. Tentunya hal ini menguntungkan bagi NasDem Sumbar, karena partai besutan Surya Paloh ini mendukung Anis Baswedan sebagai calon presiden.

"Ya, tentu kita optimis. Target 10 kursi di DPRD, Insya Allah bisa tercapai. Apalagi partai kita mengusung Pak Anis sebagai calon presiden, ini dampaknya sangat luar biasa, karena Pak Anis diterima oleh masyarakat Sumbar," ujar Fadly.

Saat ditanya apakah setelah Pileg dan Pilpres, Fadly akan maju di Pilkada Sumbar atau kembali maju di Pilkada Padang Panjang?

Fadly tak mau secara detail menjawab. Dia beralasan saat ini lebih fokus membawa Partai NasDem Sumbar kearah yang lebih baik.

"Kalau Pilkada Sumbar, nanti ya, kita lihat dulu hasil Pileg. Bisa jadi ke Pilkada Sumbar, atau balik lagi ke sini (Padang Panjang). Sekarang kita fokus Pileg dan Pilpres dulu ya," jawabnya diplomatis.

Dikutip dari ANTARA, dari 16 partai yang menjadi peserta pemilu legislatif 2019 di Sumatera Barat hanya 9 partai yang berhasil meraih 65 kursi di DPRD Sumbar.

Partai Gerindra keluar sebagai pemenang dengan 14 kursi, disusul Partai Keadilan Sejahtera 10 kursi, Partai Demokrat 10 kursi dan Partai Amanat Nasional 10 kursi.

Selanjutnya Partai Golkar dengan 8 kursi, Partai Persatuan Pembangunan 4 kursi, PDI Perjuangan, Partai Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa masing-masing 3 kursi.

Apakah Fadly mampu mewujudkan target NasDem untuk meraih 10 kursi di Pileg 2024 mendatang, mengingat pada Pileg 2019 NasDem hanya meraih 3 kursi di DPRD Sumbar?