Festival Layangan Kuau Raja Tebuk Isi Segera Digelar di Dumai


Senin, 18 September 2023 - 12:27:08 WIB
Festival Layangan Kuau Raja Tebuk Isi Segera Digelar di Dumai Layangan Kuau Raja Tebuk Isi/foto:tsi

RIAUIN.COM - Festival Layangan Kuau Raja Tebuk Isi segera digelar di Kota Dumai pada 30 September 2023 mendatang. 

Kepada Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Raja Yoserizal Zen mengatakan, Layangan Kuau Raja Tebuk Isi ini merupakan karya budaya asal Kota Dumai, Provinsi Riau, yang telah ditetapkan jadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia.

"Layangan ini telah ditetapkan sebagai WBTB oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek pada Kamis, 31 Agustus 2023 lalu. Ini merupakan warisan budaya dari Kota Dumai," kata Yose, Senin (18/9/2023).

Dijelaskan, festival ini digagas untuk melestarikan budaya yang merupakan warisan leluhur. Kala itu layangan digunakan untuk mengusir burung saat panen padi.

Terpisah, Amron Sah, Ketua Sanggar Layang-layang Purnama Kota Dumai mengatakan, dirinya telah menggeluti seni layangan selama 50 tahun lebih. Festival ini pertama kali diadakan semenjak tahun 90-an.

"Ini baru pertama kali diselenggarakan setelah Layangan Kuau Raja Tebuk Isi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda," ujarnya.

Di acara festival nanti, rencananya turut berpartisipasi tim dari Malaysia dan Kepulauan Riau, selain tim lokal. Dua pekan jelang festival, hingga saat ini sudah banyak tim yang mendaftar sebagai peserta.

Dikatakan, sejarah Layang Kuau Raja Tebuk Isi tersebut awalnya dimainkan ketika panen padi atau pada saat masyarakat tidak bisa melaut karena musim angin barat.

"Untuk mengisi waktu luang karena tidak melaut. Selain itu ketika padi menguning, main layangan bertujuan untuk mengusir burung," pungkasnya.-dnr