Motif Pembunuhan ART di Bengkalis, Pelaku Terlilit Utang Pinjol


Sabtu, 09 September 2023 - 10:20:09 WIB
Motif Pembunuhan ART di Bengkalis, Pelaku Terlilit Utang Pinjol Tersangka terekam kamera CCTv/screenshoot.

RIAUIN.COM - Pelaku pembunuhan asisten rumah tangga (ART) di sebuah rumah mewah di Jalan Rumbia, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau berhasil ditangkap.

Pelaku MI (21) dibekuk Saat Reskrim Polres Bengkalis enam jam setelah melakukan pembunuhan tersebut.

"Sekira pukul 14.00 WIB Sat Reskrim Polres Bengkalis telah berhasil mengamankan diduga pelaku di Jalan Senggoro, Kecamatan Bengkalis. Selanjutnya pelaku dibawa ke Polres Bengkalis, dan saat ini masih dilakukan pemeriksaan dan penyelidikan," kata Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro, Sabtu (9/9/2023).

Dijelaskan Bimo, peristiwa pembunuhan itu terjadi pada Jumat (8/9/2023) sekira pukul 08.06 WIB. Korbannya adalah Siti Rohana (34) yang merupakan ART di rumah yang akan dirampok oleh tersangka. Dari pengakuan tersangka, dia melakukan aksi pencurian dan pembunuhan itu karena panik membayar tagihan Pinjol dan Kripto.

"Motif tersangka dan pemeriksaan barang bukti berupa HP milik pelaku ditemukan banyak tagihan pinjaman online atau pinjol dan investasi kripto," jelasnya.

Kronologi kejadian

Aksi pembunuhan ini sempat terekam kamera CCTV. Pembunuhan itu diduga dilakukan tersangka karena kepergok sedang melancarkan aksi pencurian oleh ART di rumah tersebut.

"Saat korban keluar dari kamar mandi, terdangka langsung menganiaya korban. Selanjutnyavpelaku mengikat kaki dan tangan korban menggunakan kabelti. Korban juga diseret ke depan kamar. Korban kemudian dipukul menggunakan martil dan pisau hingga meninggal dunia," bebernya.

Selanjutnya pelaku bersembunyi di dalam kamar mandi sambil menunggu ART lainnya bernama Ema masuk ke kamar korban. Lalu setelah Ema menghampiri kamar korban, pelaku langsung menyerangnya dan diancam akan dibunuh apabila melawan. Pelaku meminta Ema untuk membantu memasukan mayat korban ke dalam kamar.

"Ema bisa kabur setelah pelaku mencari pisau ke dapur.  Saksi langsung berlari keluar rumah menuju kedai kopi di dekat rumahnya untuk meminta pertolongan," bebernya.

Mendapat informasi telah terjadi aksi perampokan dan pembunuhan, polisi langsung menuju lokasi kejadian untu mencari pelaku. "Saat kami cek di TKP, ternyata korban sudah tidak bernyawa. SR ditemukan dengan luka akibat pukulan benda tumpul di bagian kepala," kata dia.

Kemudian, untuk mencari pelaku polisi melakukan penyisiran di sekeliling rumah tersebut. Namun, pelaku sudah tidak berada di lokasi. Setelah dilakukan pengecekan rekaman CCTV, ternyata pelaku telah kabur meninggalkan lokasi sebelum pihak kepolisian datang.-dnd