Dua Orang Jadi Tersangka Kasus Ledakan Pipa di PT KPI Dumai


Jumat, 01 September 2023 - 10:28:26 WIB
Dua Orang Jadi Tersangka Kasus Ledakan Pipa di PT KPI Dumai Direskrimum Polda Riau, Kombes Asep Darmawan/foto:dnr

RIAUIN.COM - Dua orang kontraktor PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU II Kota Dumai ditetapkan jadi tersangka dalam kasus ledakan pipa steam yang terjadi beberapa waktu lalu.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Riau, Kombes Asep Darmawan menjelaskan, kedua tersangka tersebut adalah W dan IR. Saat ini kedua tersangka belum ditahan dan segera akan dipanggil untuk pemeriksaan. Keduanya merupakan penanggung jawab pekerjaan pembongkaran pipa di areal PT KPI Dumai.

"Sudah ditetapkan tersangka dua orang. Kita sudah kirimkan surat panggilan untuk kita ambil keterangan. Jabatannya pelaksana pekerjaan pembongkaran pipa areal pipa yang diduga bocor dan meledak itu," kata Asep Darmawan, Jum'at (1/9/2023).

Dijelaskan Asep, kedua tersangka merupakan kontraktor yang bertugas untuk mengecek thickness atau ketebalan pipa steam tersebut. Terkait hal ini, kata Asep, tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan tersangka baru.

"Tapi nanti masih bisa berkembang (tersangkanya, red). Sementara ini masih kita tetapkan dua tersangka. Nanti hasil koordinasi dengan jaksa, apabila berkembang nantinya akan ada tersangka-tersangka lain," ucapnya.

Sebelumnya, kasus ledakan tersebut sudah diselidiki selama 4 bulan oleh Ditkrimum Polda Riau. Sejauh ini sudah puluhan saksi yang dimintai keterangan penyebab meledaknya kompresor steam milik PT KPI RU II Kota Dumai itu.

Untuk melengkapi keterangan, penyidik juga yelah telah memeriksa 31 saksi terkait ledakan yang mencederai 10 orang karyawan PT KPI tersebut.

"Dari fakta-fakta yang kita kumpulkan saat ini, kita sudah mengarah kepada peristiwa pidana. Kemudian mengarah kepada siapa-siapa yang diduga pelaku. (Tersangkanya, red) akan kita sampaikan setelah kita laksanakan gelar perkara penetapan tersangka," kata Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Riau, Kombes Asep Darmawan, beberapa waktu lalu.

Soal ada dugaan kelalaian dalam kecelakaan kerja tersebut, Kombes Asep menuturkan, pihaknya masih melakukan pendalaman. "Kalau sudah menetapkan tersangka, baru nanti kita akan sampaikan apakah itu disengaja atau lalai," bebernya.

Seperti diketahui, kompresor steam milik PT KPI RU II Kota Dumai meledak pada Sabtu (1/4/2023). Dalam insiden itu, sepuluh pekerja dikabarkan mengalami luka-luka.-dnr