Advertorial

Bupati Indragiri Hulu, Riau Wisuda Ribuan Santri MDTA dan MDTW


Rabu, 30 Agustus 2023 - 21:30:43 WIB
Bupati Indragiri Hulu, Riau Wisuda Ribuan Santri MDTA dan MDTW Sekretaris Daerah (Sekda) Ir H Hendrizal MSi pada acara Wisuda Akbar Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha (MDTW) tahun 1445 H/2023 M, Rabu (30/8/2023).. | Foto : diskominfo Inhu.

RIAUIN.COM- Bertempat di Halaman Kantor Bupati Indragiri Hulu. Sebanyak 5.180 orang santriwan santriwati se-Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) diwisuda oleh Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi  yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Ir H Hendrizal MSi pada acara Wisuda Akbar Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha (MDTW) tahun 1445 H/2023 M, Rabu (30/8/2023).

Sekda Inhu Ir H Hendrizal MSi menyebutkan, wisuda serentak siswa dan siswi MDTA serta MDTW yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah saat ini memasuki tahun kesepuluh.

"Kegiatan ini merupakan bukti komitmen Pemerintah menanamkan betapa pentingnya pendidikan diniyah sebagai upaya dalam memberantas buta aksara Al-Qur’an, serta menciptakan generasi muda yang berkarakter Qur’ani dan berakhlak karimah," katanya.

Sekda Inhu Ir H Hendrizal MSi mengucapkan selamat kepada seluruh siswa dan siswi MDTA serta MDTW yang diwisuda pada siang tadi.

“Saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh guru MDTA dan MDTW dalam membimbing hingga mengantarkan anak-anak kita hari ini diwisuda. tentunya, peran para guru sangat membantu pemerintah daerah dalam membentuk para generasi yang islami sejak usia dini,” ungkapnya.

Sekda juga berharap kepada para orang tua kiranya tetap memprioritaskan pendidikan agama sejak usia dini bagi anak-anak serta mewaspadai segala sesuatu yang dapat memberikan pengaruh negatif dalam perkembangannya.

Lima kecamatan terbanyak yang menjadi peserta wisuda yakni, Kecamatan Pasir Penyu sebanyak 1.105 orang, Kecamatan Rengat Barat sebanyak 658 orang, Kecamatan Lirik sebanyak 486 orang. Kemudian diurutan ke empat, Kecamatan Seberida sebanyak 484 orang dan Kecamatan Rengat sebanyak 448 orang.

Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) adalah satuan pendidikan keagamaan Islam bersifat non formal yang menyelenggarakan pendidikan tingkat dasar setara SD/sederajat dengan masa belajar 4 tahun dan jumlah jam belajar 18 jam per minggu.

Madrasah Diniyah (MD) atau pada saat ini disebut Madrasah Diniyah Takmiliah Awaliyah (MDTA) adalah lembaga pendidikan Islam yang dikenal sejak lama bersamaan dengan masa pensyiaran Islam di Nusantara.

Pengajaran dan pendidikan Islam timbul secara alamiah melalui proses akulturasi yang berjalan secara halus, perlahan sesuai kebutuhan masyarakat sekitar.

Dalam acara tersebut, Sekda mewisuda Santri Berprestasi sekaligus memberikan bantuan kepada Konsumtif Masyarakat Miskin Ekstrim untuk 1.000 Penerima manfaat di Kabupaten Inhu senilai Rp500.000.000.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Inhu Dr H Darwison MA dalam sambutannya berharap dengan diwisudanya anak-anak ini, kedepannya menjadi anak yang berjiwa agamis, menjadi anak yang shaleh dan shaleha, yang dibanggakan orang tuanya dan kelak akan berguna bagi nusa dan bangsa.

Turut hadir dalam acara wisuda akbar tersebut Unsur Forkopimda, Para Asisten dan Staf Ahli, Kepala Badan, Kepala Kantor dan Kepala Dinas terkait, Kepala Kantor Urusan Agama se-Kabupaten Inhu, Ketua Baznas, para camat serta bapak ibu guru dan Santri MDTA dan MDTW se-Kabupaten Inhu.(Advetorial/Gus)