Lengkapi Gelar, Magnus Carlsen Juara di Kejuaran Catur FIDE World Cup 2023


Jumat, 25 Agustus 2023 - 07:23:35 WIB
Lengkapi Gelar, Magnus Carlsen Juara di Kejuaran Catur FIDE World Cup 2023 Magnus Carlsen/foto: via akun X resmi Internasional Chess Federation

RIAUIN.COM - Pecatur tebaik dunia asal Norwegia, Magnus Carlsen berhasil meraih juara pada kejuaraan dunia catur FIDE World Cup yang digelar di Baku, Azerbaijan, Jumat (25/8/2023 dini hari WIB.

Pada partai final, pecatur bergelar The Greatest of All Time (GOAT) inj berhasil menumbangkan pecatur nomor satu India Praggnanandhaa Rameshabu melalui tiebreak setelah kedua pemain pada tiga pertandingan awal bermain remis. Pertandingan kemudian dilanjutkan dengan babak tiebreak.

Tiebreak pertama, kedua pemain kembali bermain remis. Lanjut tiebreak kedua, Magnus Carlsen berhasil meraih kemenangan setelah Praggnanandhaa menyerah pada langkah ke 47.

Di game penentuan, Praggnanandhaa yang wajib menang dipaksa bermain remis oleh Magnus Carlsen.

"Magnus menang melawan Praggnanandhaa dalam tiebreak yang mendebarkan dan menambahkan satu lagi trofi bergengsi ke dalam koleksinya, selamat," tulis Internasional Chess Federation di akun X resminya.

Dengan hasil ini Magnus Carlsen meraih gelar juara FIDE World Cup pertamanya dan satu-satunya gelar yang belum diraihnya sepanjang karir menjadi pecatur.-dnr