Tiga Gajah di BKSDA Riau Jadi Pengibar Bendera Upacara Kemerdekaan RI 78


Kamis, 17 Agustus 2023 - 09:47:32 WIB
Tiga Gajah di BKSDA Riau Jadi Pengibar Bendera Upacara Kemerdekaan RI 78 Upacara pengibaran bendera di BKSDA Riau/foto: Ferdian Eriandy

RIAUIN.COM - Ada yang unik dalam pelaksanaan upacara bendera HUT Kemerdekaan RI ke-78. Tiga ekor gajah menjadi penggerek bendera merah putih dalam upacara hari kemerdekaan RI ke-78 di Balai Besar konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Riau, Kamis (17/8/2023).

Kepala Bidang Tata Usaha, BBKSDA Riau, Hartono menjelaskan, tiga ekor Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) jinak menjadi bagian dari pasukan pengibar bendera merah putih berjenis kelamin jantan dan dua lainnya betina.

"HUT kemerdekaan RI ke-78 ini, kita hadirkan tiga ekor satwa gajah untuk melakukan pengibaran bendera. Tujuannya adalah sebagai sarana edukasi, sosialisasi kepada masyarakat bahwa gajah yang selama ini mungkin dianggap sebagai hama merupakan hewan yang dilindungi," kata Hartono.

Dijelaskan, gajah-gajah tersebut bisa dilatih untuk berperan serta dalam melaksanakan upacara kemerdekaan Republik Indonesia. Persiapan untuk melatih gajah tersebut tidak terlalu lama, hanya butuh waktu setengah hari.

"Kita gagasannya pada hari Senin dan dilanjutkan latihan. Adapun nama dari ketiga gajah tersebut Bankin, Vera dan Indah. Yang melakukan pengibaran bendera adalah si Vera. Saat ini usia ketiga gajah tersebut kurang lebih antara 25 hingga 30 tahun," kata dia.

Hartono menuturkan, pada saat memasuki momen pengibaran bendera merah putih, tiga petugas dari BKSDA Riau membawa bendera diiringi oleh tiga ekor gajah terlatih. Setelah bendera dipasangkan ke tali, Vera gajah betina mulai menggerek tali diiringi lagu Indonesia Raya.

Terlihat gajah begitu terlatih menderek bendera hingga lagu Indonesia Raya selesai dan bendera merah putih telah berada diatas. Ketiga gajah lalu melakukan penghormatan usai melaksanakan tugasnya.-dnr