Advertorial

Ranperda Hari Jadi dan Pengembalian Nama Kabupaten Indragiri Disahkan, Bupati Rezita: Ini Momentum Bersejarah


Selasa, 01 Agustus 2023 - 17:47:11 WIB
Ranperda Hari Jadi dan Pengembalian Nama Kabupaten Indragiri Disahkan, Bupati Rezita: Ini Momentum Bersejarah Suasana Rapat Paripurna Istimewa HUT Kbupaten Indragiri Hulu yang dihadiri Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi, Ketua DPRD Inhu, Elda Suhanura di dampingi Wakil Ketua, Masyrullah dan Wakil Ketua, H Suwandi Ritonga serta tamu undangan lainnya, Selasa (1/

RIAUIN.COM - Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi SE Menghadiri Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hulu dalam rangka pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Hari Jadi Kabupaten Indragiri Hulu dan  Pengembalian Nama Kabupaten Indragiri Hulu Menjadi Kabupaten Indragiri.

Rapat Paripurna Istimewa tersebut berlangsung di lantai II aula Gedung Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Indragiri Hulu, Selasa (1/8/2023).
Rapat Paripurna Istimewa itu  dihadiri Wakil Bupati Inhu, Junaidi Rachmat, Dandim 0302 Inhu yang diwakili Danramil 01/Rengat Kapten HB Setepu, Kapolres Inhu, AKBP Dody Wirawijaya SIK yang diwakili Kapolsek Rengat Barat Kompol Deni Afrizal SP, Kejari Inhu yang diwakil Kasi Barang Bukti Teguh P,, para tokoh adat dan tokoh masyarakat, tokoh agama Inhu.

Dari sejumlah tokoh adat yang hadir tampak di antaranya Ketua Umum LAMR, HR Marjohan Yusuf, Ketua Persebatian Kekerabatan Kerajaan Indragiri, Raja Maizir Mit, Ketua MKA LAMR Inhu, Encik Jujun Junaidi, anggota DPA LAMR Inhu, H Zulkifli Gani.

Paripurna istimewa tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Elda Suhanura di dampingi Wakil Ketua, Masyrullah dan Wakil Ketua, H Suwandi Ritonga  dan diikuti 27 anggota dewan yang hadir.

Hasil rekomendasi yang disampaikan Ketua Pansus Hari Jadi Kabupaten Indragiri Hulu dan  Pengembalian Nama Kabupaten Indragiri Hulu Menjadi Kabupaten Indragiri DPRD, Muhammad Syafaat direkomendasikan untuk hari jadi Kabupaten Inhu jatuh pada tanggal 19 Maret 1956 dan pengembalian nama Kabupaten Indragiri Hulu menjadi Kabupaten Indragiri.

Penetapan oleh Pansus mengenai tanggal 19 Maret sebagai hari jadi dilakukan dengan berbagai landasan, mulai dari akademik dan studi komparatif serta koordinasi dengan Pemprov Riau dan daerah lain yang telah menetapkan hari jadi. Selanjutnya, rekomendasi Pansus itu kemudian diperkuat dengan persetujuan seluruh peserta rapat dan ketukan palu oleh Ketua DPRD Inhu, Elda Suhanura.

Dihadapan anggota Dewan, Bupati Rezita Meylani  Yopi SE mengatakan, momentum penetapan Hari Jadi Kabupaten Indragiri Hulu ini merupakan suatu peristiwa penting dan bersejarah.

"Penetapan hari jadi ini merupakan peristiwa penting yang menjadi pengakuan identitas dan kebanggaan serta momentum bersejarah bagi Kabupaten Inhu," tutur Rezita.

Rezita pun menyampaikan rasa syukur dan penghargaan kepada seluruh pihak yang telah turut menjalani proses merumuskan hingga menetapkan hari jadi Kabupaten Inhu ini.

"Mari kita sambut hari jadi Kabupaten Indragiri Hulu dan pengembalian nama Kabupaten Indragiri ini dengan spirit dan semangat yang sama untuk membangun Kabupaten Inhu yang semakin maju dan sejahtera," harapnya.

Pada akhir pidatonya Rezita menyampaikan harapan akan doa dan dukungan dari para orang tua, tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat untuk terus bersinergi membangun daerah. -adv/gus