Riau Masih Berpotensi Diguyur Hujan, Hotspot Terpantau Satu Titik di Rohul


Senin, 24 Juli 2023 - 10:37:12 WIB
Riau Masih Berpotensi Diguyur Hujan, Hotspot Terpantau Satu Titik di Rohul

RIAUIN.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru merilis info prakiraan cuaca dan hotspot untuk Provinsi Riau pada hari ini, Senin, 24 Juli 2023.

Forecaster BMKG Pekanbaru Moh Ibnu A menjelaskan pada pagi hari di sebagian wilayah Provinsi Riau diprediksi cerah dengan beberapa awan berawan. BMKG juga memperkirakan adanya potensi hujan dengan intensitas ringan yang dapat terjadi di Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kampar, Kabupaten Kuantan Singingi, dan Kabupaten Bengkalis.

"Menuju siang hari, cuaca diperkirakan cerah berawan hingga berawan. Wilayah Kabupaten Kampar, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Siak, Kabupaten Indragiri Hilir, dan Kabupaten Bengkalis berpeluang mengalami hujan ringan hingga sedang," kata Ibnu. 

Sementara itu, sore hingga malam hari di Provinsi Riau juga diperkirakan akan diselimuti oleh cuaca cerah berawan hingga berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang juga diperkirakan terjadi di wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Kota Pekanbaru.

Untuk dini hari, BMKG memperkirakan cuaca berawan hingga udara kabur. Terdapat potensi hujan ringan hingga sedang yang mungkin terjadi di wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kampar, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis, dan Kabupaten Kepulauan Meranti.

Pihak BMKG juga mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. 

"Potensi tersebut berada di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kampar, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Indragiri Hulu, dan Kota Pekanbaru pada siang atau sore hingga malam hari," sebutnya. 

Dalam prakiraan lainnya, suhu udara di Provinsi Riau diperkirakan berada dalam rentang 23.0 hingga 34.0 °C. Kelembapan udara juga diperkirakan berkisar antara 55 hingga 98 persen, sementara arah angin bertiup dari arah Selatan menuju Barat dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 36 km/jam.

Selain itu, BMKG juga memantau perkembangan gelombang laut di perairan Provinsi Riau yang diperkirakan memiliki tinggi antara 0.50 hingga 1.25 meter (Rendah).

Sementara itu, terkait kondisi hotspot di Pulau Sumatera, terdapat 69 titik panas yang terdeteksi, dengan sebagian besar terdapat di provinsi Lampung dengan 37 titik panas. Di Provinsi Riau, terdapat 1 titik panas yang terdeteksi di Kabupaten Rokan Hulu.

BMKG Pekanbaru tetap mengimbau masyarakat untuk selalu memantau perkembangan cuaca dan informasi dari BMKG untuk mengantisipasi potensi perubahan cuaca yang dapat terjadi. (*)