Sore hingga Malam Hari Nanti, Riau Masih Berpotensi Diguyur Hujan


Jumat, 21 Juli 2023 - 10:20:03 WIB
Sore hingga Malam Hari Nanti, Riau Masih Berpotensi Diguyur Hujan

RIAUIN.COM - BMKG Pekanbaru merilis prakiraan cuaca dan hotspot di Provinsi Riau, Jumat 21 Juli 2023. Disampaikan, bahwa pagi hingga siang hari ini cerah berawan dan tidak ada potensi hujan.

"Sore harinya baru mulai berpotensi hujan hingga malam hari," kata Forecaster BMKG Pekanbaru Sanya. 

Ia menguraikan potensi hujan dengan intensitas ringan sedang bersifat lokal terjadi disebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Pelalawan,  Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Kuantan Singingi.

"Sedangkan pada dini harinya berawan dan udara kabur," jelasnya.

Kemudian, untuk suhu udara berada diantara 23.0 – 34.5 °C, dengan kelembapan udara 50 – 97 % dan angin bertiup dari Tenggara menuju Barat Daya dengan kecepatan 09 – 30 km per jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m atau rendah," jelasnya.

"Waspada potensi gelombang mencapai 2,0 di wilayah Perairan Timur Bintan dan perairan Utara Bangka, 1,5 m di wilayah perairan Lingga, Batam, dan Selat Berhala serta waspada potensi hujan disertai petir dan angin kencang yang dapat terjadi di wilayah Perairan Batam dan Lingga," jelasnya.

Lalu, untuk titik panas atau hotspot di Sumatera mencapai 10 titik. Yakni, Sumatera Selatan 2, Lampung 7 dan Riau 1 di Rokan Hilir. (*)