Eks Mantri Kredit di Bank BRI Kabupaten Meranti Ditangkap, Gelapkan Uang Rp884 Juta


Sabtu, 08 Juli 2023 - 09:36:18 WIB
Eks Mantri Kredit di Bank BRI Kabupaten Meranti Ditangkap, Gelapkan Uang Rp884 Juta Penyerahan tersangka (berompi) ke Kejari Meranti/Foto Penkum Kejati Riau

RIAUIN.COM - Mantan pegawai Bank BRI Unit Teluk Belitung, Kepulauan Meranti inisial F akhirnya berhasil diringkus setelah 5 tahun buron.

F yang merupakan Mantri Kredit BRI Unit Teluk Belitung Cabang Selatpanjang periode 2015-2016 itu diamankan Tim Tangkap Buron (Tabur) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau di Kota Dumai, Rabu (5/7/2023).

Kasi Penkum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, Bambang Heripurwanto menjelaskan, dalam kasus ini, berdasarkan audit BPKP, F telah merugikan negara sebesar Rp 883.998.449.

"Saat ini tersangka F ditahan di Lapas Kelas II B Selatpanjang Kepulauan Meranti selama 20 hari kedepan," ujar Bambang, Jum'at (7/7/2023) malam.

Kata Bambang, untuk memuluskan aksinya tersangka F diduga telah merekayasa proses penyaluran kredit mikro di BRI Unit Teluk Belitung Kantor Cabang Selatpanjang Kabupaten Kepulauan Meranti bersama rekannya D.

"Modus yang digunakan F dan D ialah dengan menggunakan data orang lain, memalsukan tandatangan debitur, memalsukan agunan yang diajukan dalam pengajuan kredit mikro. Selanjutnya F dan D menggunakan seluruh dana hasil pencairan yang telah diberikan oleh Bank BRI," jelas Bambang.

Diketahui, F masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Kejaksaan Negeri (Kejari) Meranti sejak 2018 lalu. Fadli ditetapkan sebagai tersangka bersama D dalam kasus tindak pidana korupsi penyaluran kredit di BRI Unit Teluk Belitung pada 2018 lalu.

Lalu, F kabur saat proses penyidikan oleh Tim Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Kepulauan Meranti masih berjalan. Sejak saat itu, proses pencarian terhadapnya terus dilakukan.

Sementara D telah dinyatakan bersalah dan divonis 6 tahun dan denda Rp300 juta subsidair 6 bulan kurungan. Dia juga dihukum membayar uang pengganti kerugian negara sebesar Rp883.998.449 subsidair 2 tahun penjara.(*)