51 Sekolah dengan 4.671 Siswa SMP se-Kota Dumai akan Laksanakan UN


Jumat, 08 April 2016 - 06:57:49 WIB
51 Sekolah dengan 4.671 Siswa SMP se-Kota Dumai akan Laksanakan UN ilustrasi 
SETELAH Ujian Nasional(UN) setingkat SMA sederajat, akan disusul pelaksanaan UN setingkat SMP sederajat. Rencananya UN setingkat SMP sederajat ini akan dilaksanakan tanggal 9 hingga 12 Mei mendatang. Di Kota Dumai UN ini akan diikuti 4.671 siswa dari 51 sekolah negeri dan swasta.

"Sejauh ini sekolah-sekolah terus melakukan persiapan, dan membekali anak didik dengan berbagai kegiatan dan pelajaran tambahan,'' ujar Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Dumai Bujang Alwi Syahputra.
         
Selain itu, dalam pelaksanaan UN 2016 bertambah dua sekolah swasta yang akan menerapkan ujian berbasis komputer yaitu SMP Santo Tarcisius dan SMP YKPP, sedangkan 2015 lalu hanya SMPN 2 Dumai.
         
"Tahun ini ada tiga sekolah yang akan menerapkan UN berbasis komputer dari sebelumnya hanya SMPN 2 dan untuk peserta ujian diperkirakan sebanyak 4.671 orang," kata Bujang.
         
Dikutip dari antara, panitia UN SMP Dinas Pendidikan Dumai juga sudah menyiapkan tempat pelaksanaan ujian yang akan menggunakan 238 ruangan dan jumlah tenaga pengawas 477 orang.
         
Karena jadwal UN SMP tinggal sebulan lagi, maka pihak sekolah diminta untuk terus memberikan motivasi dan semangat belajar kepada anak didik agar siap menghadapi ujian nanti.
         
"Orangtua diharapkan mendorong anak untuk giat belajar dan mempersiapkan diri dengan maksimal agar bisa menjalani ujian dengan baik," ujarnya.
         
Menurutnya, kesiapan untuk penyelenggaraan UN terus dimatangkan panitia dan sejumlah sekolah yang akan menggelar ujian dengan komputer diminta terus berkoordinasi dan menyediakan mesin genset.
         
Sementara untuk pelaksanaan UN SMA sederajat yang baru berakhir diikuti oleh total 3.628 peserta, terdiri 2.586 anak ujian berbasis komputer yang diterapkan di 12 sekolah dan 1.042 siswa secara kertas diadakan 20 sekolah dengan 203 ruangan dan 406 pengawas.(ria)