Malam Ini, 357 JCH Pekanbaru Berangkat Menuju Embarkasi Batam


Ahad, 28 Mei 2023 - 17:27:09 WIB
Malam Ini, 357 JCH Pekanbaru Berangkat Menuju Embarkasi Batam Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Dr H Mahyudin MA dan Ketua Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Hj. Rosnimar Mahyudin menerima kedatangan jemaah haji asal Kota Pekanbaru dan Rohil, Minggu (28/5/2023) pagi di aula Kedatangan Emb

RIAUIN.COM- Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, malam ini, Minggu (28/5/2023) 357 Jamaah Calon Haji yang tergabung dalam kloter 06 Embarkasi Haji Antar (EHA) Riau atau kloter 09 Embarkasi Haji Batam (BTH) akan diberangkatkan menuju Batam. Keberangkatan JCH akan dilepas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Dr H Mahyudin MA sekitar pukul 21.55 WIB.

JCH klote BTH-09 merupakan gabungan JCH Kota Pekanbaru dan Rokan Hilir yakni, jamaah asal Kota Pekanbaru 366 orang, sebanyak 6 jamaah asal Kabupaten Rokan Hilir. Seluruhnya akan bergabung pada pemberangkatan hari ini. Selanjutnya JCH akan diberangkatkan menuju Bandara AMAA madinah pada pukul 04,10 WIB.

"Hari ini terdapat dua kloter yang akan memasuki asrama Embarkasi Haji Riau, tadi pagi asal Kota Pekanbaru berjumlah 366 jamaah dan 6 jamaah Kabupaten Rokan Hilir untuk kloter 09. Sorenya akan memasuki asrama jamaah asal Kabuapten Bengkalis sebanyak 367 jamaah yang tergabung dalam Kloter BTH -10," kata Mahyudin.

Mahyudin juga menjelaskan, jika ditotal jamaah dan petugas yang sudah berangkat berjumlah berjumlah 1.855 orang dan yang masih belum diberangkatkan sebanyak 2.886, serta yang saat ini berada di asrama berjumlah 374 jamaah.

Dikatakan Mahyudin, kendati terdapat kendala dalam penyelenggaraan pelayanan jamaah haji, namun kendala tersebut dapat diselesaikan.

"Seperti halnya salah seorang jamaah yang pada kloter 8 suami istri, tetapi suaminya tidak keluar visanya. Nah kami sarankan agar salah satu yang memiliki visa untuk tetap berangkat, karena kemungkinan untuk mendapatkan dua sheat atau tempat duduk agak susah," ujar.

Sementara itu di sisi lain, setelah menempuh perjalanan kurang lebih 9 jam, karena transit di Bandara Kualanamu Medan, Jemaah haji yang tergabung didalam Kloter BTH - 08 mendarat selamat di Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz-Medina,  Minggu (28/5/23) pukul 13.15 WAS,

"Alhamdulillah kami sudah mendarat di Madinah dan saat ini sedang pemeriksaan paspor," kata H Zulfadli, Pembimbing Ibadah pada kloter BTH - 08 melalui pesan singkatnya.

Infornasi yang diperoleh dari kloter BTH - 02, jamaah haji yang dipimpin Ketua Kloter Suharda sudah mendapatkan Tasreh untuk berziarah ke Raudhah.

"Alhamdulillah, tasreh untuk ke Raudhah kloter BTH 02 asal Kota Pekanbaru telah keluar. InsyaAllah sesuai dengan jadwal yang ditentukan, pagi ini jam 09.00 WAS jamaah haji yang perempuan akan ke Raudhah sedang untuk jamaah laki-laki pada jam 18.00 WAS," ujarnya.

Sedangkan untuk klotet BTH - 07 sudah mulai melaksanakan arbain. Di mana jarak antara penginapan dan Masjid Nabawi berjarak 30 meter.

"Kloter BTH - 7 mendarat di AMMA pada pukul 00.10 WAS, kondisi jamaah haji berada dalam keadaan sehat walafiaa. Saat ini jamaah sudah memulai aktivitas ibadahnya di Masjid Nabawai," ujar Ketua Kloter BTH - 07. -vie