Bupati Kupang Ingin Mundur dari Jabatannya, Kenapa?


Senin, 04 September 2017 - 11:55:27 WIB
Bupati Kupang Ingin Mundur dari Jabatannya, Kenapa?
KUPANG, Riauin.com -- Ayub Titu Eki menyatakan akan mengundurkan diri dari jabatan sebagai Bupati Kupang, Nusa Tenggara Timur, jika terbukti korupsi dana proyek infrastruktur senilai Rp 36 miliar di daerah itu.

"Saya akan membuat surat pernyataan mundur dari jabatan Bupati Kupang. Saya sangat malu dituduh melakukan korupsi saat rakyat Kabupaten Kupang didera kemiskinan. Saya mempertaruhkan harga diri dan jabatan saya untuk membuktikan kepada rakyat daerah ini kalau tidak melakukan korupsi seperti dituduhkan media itu," katanya ketika memimpin apel di Kantor Bupati Kupang di Kupang, Senin (4/9).

Titu Eki menegaskan hal itu terkait adanya pemberitaan di media dalam jaringan atau online tentang adanya korupsi dalam pengelolaan proyek di daerah itu. Dalam pemberitaan media itu, disebutkan Bupati Kupang Ayub Titu Eki bertangung jawab dalam dugaan korupsi dana proyek infrastruktur di Kabupaten Kupang senilai Rp 36 miliar. Pemberitaan itu dilakukan tanpa diikuti adanya konfirmasi terhadap Bupati Kupang Ayub Titu Eki.

Titu Eki di hadapan seluruh aparatur sipil negara (ASN) di daerah tersebut menegaskan memilih mengundurkan diri sudah dipikirkannya secara matang demi mempertahankan harga diri sebagai pimpinan di daerah tersebut. "Harus ada budaya malu bagi setiap orang di daerah ini jika ada indikasi melakukan korupsi maka harus mundurkan diri dari jabatan," katanya.

Ia menyebut ironis jika seorang kepala daerah di Kabupaten Kupang dituding melakukan korupsi tanpa adanya bukti secara hukum tentang adanya korupsi itu. Ia menyatakan memilih mengundurkan diri dari jabatannya untuk memudahkan kejaksaan, kepolisian, dan KPK melakukan pemeriksaan terhadap dirinya.

"Saya harus menunjukkan diri bahwa malu kalau melakukan korupsi agar lembaga penegakan hukum lebih mudah melakukan pemeriksaan," katanya.

Titu Eki juga meminta Dinas Pekerjaan Umum untuk melakukan pendalaman terhadap informasi tentang dugaan korupsi proyek pembangunan jalan di Kabupaten Kupang itu. "Kalau ada anak buah saya melakukan korupsi saya akan copot," katanya.

Titu Eki juga membeberkan adanya upaya pemerasan dilakukan oknum wartawan media daring terhadap sejumlah pejabat daerah setempat, untuk meminta sejumlah dana dengan dalih tidak memberitakan kasus korupsi di daerah setempat.(rol)