Sekdako Sebut Pembebasan Lahan Pembangunan Jalan Tol Penghubung Tahap Negosiasi Harga


Rabu, 24 Mei 2023 - 13:37:39 WIB
Sekdako Sebut Pembebasan Lahan Pembangunan Jalan Tol Penghubung Tahap Negosiasi Harga

RIAUIN.COM - Pembebasan sebanyak 921 persil lahan untuk pembangunan jalur tol yang nantinya menghubungkan Tol Pekanbaru-Dumai dan Tol Pekanbaru-Bangkinang, saat ini masih tahap negosiasi harga dengan pemilik lahan.

"Masih negosiasi dengan masyarakat untuk mencari titik temu harganya berapa," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, S.T, M.Si, Selasa (23/5).

Ia menyampaikan, dalam tahap negosiasi pemerintah kota memberikan penjelasan kepada pemilik lahan terkait besaran ganti rugi sesuai dengan hasil penapsiran harga yang dilakukan tim appraisal.

"Jadi pemerintah akan memberikan alasan-alasan sesuai dengan hasil appraisal sampai ditemukan titik temu harga yang cocok ke masing-masing pihak," ucapnya.

Agar pembebasan lahan bisa digesa, lanjut Indra, pemerintah kota akan berkomunikasi terlebih dahulu dengan pemiliki lahan.

"Batas harganya kira-kira sekian, tapi nanti tetap dibicarakan dengan masyarakat. Pengalaman masyarakat jual di situ, nanti akan disepakati. Kemarin waktu rapat dengan KSP (Kantor Stap Kepresidenan), KSP akan mempelajari itu, nanti KJPP akan diundang oleh KSP dan akan diberikan solusi-solusi terbaik," tutupnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota Pekanbaru mendapat tugas membebaskan sebanyak 921 persil atau bidang tanah untuk pembangunan jalur tol yang akan menghungkan Tol Pekanbaru-Dumai dan Tol Pekanbaru-Bangkinang.

Panjang jalur tol yang akan dibangun tersebut sekitar 13,5 kilometer. Ada beberapa kelurahan di Kecamatan Rumbai dan Rumbai Barat yang nantinya dilintasi jalur tol di antaranya Kelurahan Sri Meranti, Agrowisata, Rumbai Bukit, Palas, dan Muara Fajar Timur.

Sesuai target, pembangunan jalan tol tersebut telah dimulai pada Juni 2023 ini. Pada triwulan pertama 2024, jalan tol dari Pekanbaru harus sudah sampai ke Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat. (*)