Balai TNBT Tanam Pohon di Bekas Areal Perambahan Batang Cenaku


Rabu, 17 Mei 2023 - 23:05:58 WIB
Balai TNBT Tanam Pohon di Bekas Areal Perambahan Batang Cenaku

RIAUIN.COM- Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh menanam pohon di areal bekas perambahan seluas 67 ha di wilayah kerja resort Lahai SPTN 2 Belilas di Desa Alim Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau. Penanaman dilaksanakan dalam rangka pengayaan tanaman dan dilakukan di kawasan zona rehabiltasi TNBT dengan jumlah bibit yang ditanam berjumlah sebanyak 30.800 batang bibit.

"Penanaman awal sudah kita laksanakan sejak 10  Mei 2023 dan dalam waktu 20 (dua puluh) hari ke depan sudah selesai ,” kata Kepala Balai TNBT,Fifin Arfiana Jogasara, Rabu (17/5/2023).

Penanaman 30.800 batang bibit ini langsung dilakukan bersama dengan masyarakat setempat pada areal telah ditentukan dan bibit terdiri dari  bibit pohon meranti, durian, petai, duku, jengkol dan cempedak.

“Areal telah kita bagi dalam 8 (delapan) blok tanam yang semuanya berada pada zona rehabilitasi TNBT,” katanya.

Pasca penanaman bibit ini Balai TNBT akan melaksanakan kegiatan monitoring dan pengamanan pada areal pemulihan ekosistem.

“Kegiatan monittoring ini akan kontinu kita lakukan untuk memastikan keberhasilan tumbuh tanaman sesuai target,” ujarnya

Hadir saat acara penanaman bibit Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) 2 Belilas Balai TNBT, Ibram Eddy Candra, Camat Batang Cenaku Dudi Sumbari, Kapolsek Batang Cenaku Iptu Adam Efendi SE, Danramil Seberida yang diwakili Babinsa Alim, Bhanbinkamtibmas, Perwakilan Kantor Pemangku Hutan (KPH) Indragiri Dinas Lingkungan Hidup Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau, Kades Alim, Edi Purnama, Perwakilan Organiasi Frankfurt Zoological Society (FZS) dan Perwakilan masyarakat Desa Alim,Petugas polhut, Pejabat Fungsional Pengendali Eko Sistem Hutan (PEH) Balai TNBT dan Penyuluh Balai TNBT.

Sementara itu, Camat Batang Cenaku, Dudi Sumbari mengatakan pihaknya mendukung sepenuhnya upaya-upaya pelestarian TNBT, khususnya sebagai kawasan penting menjaga ketersediaan air dan jasa wisata alam.

Usai penanaman, Kepaal BTN Bukit Tigapuluh beserta undangan menyempatkan diri mengunjungi Air Terjun Denalo yang terletak di Desa Alim sebagai salah satu potensi wisata alam TNBT di wilayah tersebut. -gus