Rakor Inpres 3 Tahun 2023, Bengkalis dan Pelalawan Masuk Wilayah Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah


Rabu, 17 Mei 2023 - 14:39:22 WIB
Rakor Inpres 3 Tahun 2023, Bengkalis dan Pelalawan Masuk Wilayah Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah Bupati Bengkalis Kasmarni saat Rakor Inpres Nomor 3 Tahun 2023 di ruang rapat auditorium lantai 8 Menara Lancang Kuning, Kantor Gubernur Riau, Rabu (17/5/2023). | Foto : dok

RIAUIN.COM- Kabupaten Bengkalis dan Pelalawan masuk dalam wilayah pelaksanaan percepatan peningkatan konektivitas jala daerah di Provinsi Riau. Program tersebut tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Pelaksanaan Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah di wilayah Provinsi Riau

Menindaklanjuti hal tersebut Bupati Bengkalis, Kasmarni mengikuti Rakor Instruksi Presiden (Inpres) 3 Tahun 2023 bersama Bupati Pelalawan, H Zukri, Rabu (17/5/2023), di ruang rapat auditorium lantai 8 Menara Lancang Kuning, Kantor Gubernur Riau. Rapat koordinasi itu dipimpin langsung Helson Siagian Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) di dampingi Karo Pembangunan Sekretariat Pemerintah Provinsi Riau.

Rapat tersebut membahas  mengenai usulan pembangunan jalan dan jembatan di Provinsi Riau, pembangunan jalan dan jembatan di Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Pelalawan.

Pada kesempatan itu Bupati Bengkalis Kasmarni menyampaikan sejumlah harapan dan usulan pembangunan jalan maupun jembatan di Kabupaten Bengkalis. Kasmarni berharap usulan pembangunan infrastruktur tersebut dapat segera terealisasi. Karena ini sangat berdampak sekali untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat.

"Kami berharap usulan kami ini segera dikabulkan. Sehingga masyarakat kami yang berada di pulau dan daratan lebih mudah untuk beraktivitas sehari-hari tanpa ada lagi hambatannya," kata Kasmarni.

Bupati juga bermohon Pemprov Riau maupun Pemerintah Pusat agar dapat membantu menyelesaikan pembangunan jalan di Kabupaten Bengkalis. Karena tanpa ada bantuan serta intervensi Pemerintah Provinsi dan Pusat, maka akan sulit untuk mempercepat pembangunan di Negeri Junjungan ini.

"Alhamdulillah tahun ini Pemerintah Kabupaten mendapatkan sejumlah pembangunan jalan yang sudah terakomodir, di antaranya peningkatan Jalan Air Putih-Selat Baru, Jalan Berancah-Pelabuhan Sri Setia Raja, peningkatan ruas Jalan Batu Panjang-Pangkalan Nyirih, Pangkalan Nyirih-Tanjung Medang dan peningkatan Jalan Tanjung Kapal-Jalan Pemuda," ujar Kasmarni.

Selain itu ada 16 usulan prioritas pembangunan infrastruktur lainnya, yakni 4 pembangunan jembatan dan 12 peningkatan jalan. Bupati berharap semua usulan prioritas tersebut bisa terealisasi dan terakomodir. Karena itu diperlukan adanya koordinasi, sinergi, kerja sama dan kolaborasi antara emerintah provinsi dan pusat dalam upaya percepatan pembangunan di daerah.

"Kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis sangat berharap melalui rapat koordinasi Inpres Nomor 3 ini, benar-benar melahirkan sebuah keputusan berarti bagi daerah kami, terutama pembangunan jalan dan jembatan. Sekali lagi kami mohon dukungan dan doa kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis supaya usulan pembangunan tersebut segera terealisasi," pungkasnya.

Ikut mendampingi Bupati Bengkalis kala itu Plt. Sekda Bengkalis, Staf Ahli Bupati, serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. -inf