Cegah Merebaknya Karhutla, Heli Sikorsky Tiba di Riau


Selasa, 09 Mei 2023 - 15:25:45 WIB
Cegah Merebaknya Karhutla, Heli Sikorsky Tiba di Riau Heli Sikorsky mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin/foto: Ferdian Eriandy

RIAUIN.COM - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) telah menjadi bencana nasional yang rutin terjadi hampir setiap tahunnya. Karena itu pemerintah melalui BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) pun melakukan berbagai upaya termasuk menyewa sejumlah helikopter berkemampuan water bomber.

Jenis Heli Sikorsky dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, yang akan digunakan untuk melakukan water bombing, telah mendarat di Lapangan Udara Roesmin Nurjadin (RSN), Selasa (9/5/2023).

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal menjelaskan, bantuan helikopter water bombing tersebut untuk penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Riau tahun 2023.

"Helikopter water bombing ini akan memadamkan sejumlah kebakaran yang sulit dipadamkan di satgas darat  di sebagian wilayah Riau," ucap Afrizal.

Selain helikopter water bombing, BNPB pusat sebut Afrizal, sebelumnya juga telah mengirimkan bantuan helikopter untuk keperluan patroli.

"Sebelumnya kita juga telah mendapat bantuan helikopter untuk patroli untuk melakukan pemantauan karhutla," ujarnya.

Dia menjelaskan, jenis helikopter yang dikirim merupakan jenis Sikorsky S61N, untuk melakukan water bombing.

"Helikopter yang baru dikirim ini memiliki kemampuan durasi terbang bisa mencapai 4,5 jam," beber Afrizal.

Afrizal mengatakan, kedatangan bantuan helikopter ini tentunya akan dapat meringankan tugas Satgas darat untuk melakukan pemadaman api di kabupaten/kota se-Riau.

Lanjut Afrizal, helikopter water bombing ini diharapkan bisa menanggulangi Karhutla seperti yang terjadi kemarin di Dumai. Karena, api di sana mudah membesar dan meluas karena angin yang cukup kencang.

"Dengan bantuan helikopter water bombing ini, induk api dapat kita cegah agar tidak membesar dan dapat menjangkau wilayah yang sulit dijangkau tim darat,"tutup Afrizal.-dnr/fer