Hingga Hari Ini, Baru 7 Bacalon DPD RI Daftar ke KPU Riau


Jumat, 05 Mei 2023 - 20:39:41 WIB
Hingga Hari Ini, Baru 7 Bacalon DPD RI Daftar ke KPU Riau

RIAUIN.COM- Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau merilis, hingga hari kelima pembukaan pendaftaran, Jumat (5/5/2023) baru 7 bakal calon (Bacalon) anggota DPD RI yang resmi mendaftar ke KPU Riau.

“Hingga hari ini sudah 7 (tujuh) bakal calon (Bacalon) Anggota DPD yang mendaftar ke KPU Riau. Pada hari pertama yaitu tanggal 1 Mei 2023 satu orang Bacalon yang datang mendaftar atas nama Eddy Budianto, kemudian pada tanggal 3 Mei 2023 juga ada satu orang Bacalon yang mendaftar yaitu atas nama Marjoni Hendri. Dan hari ini ada 5 bacalon DPD RI yang mendaftar," kata Ketua KPU Riau, Ilham Muhammad Yasir.

Kelima bacalon DPD RI yang mendaftar ke KPU Riau yaitu, Abdul Hamid, Chaidir, Misharti, Juprizal dan Biran Affandi Yusriono.

Dari 29 Bacalon DPD yang dinyatakan memenuhi syarat dukungan minimal, hingga hari ini baru 7 bacalon DPD yang mendaftar secara resmi kepada KPU Riau. Artinya, baru sekitar 24,13%  dari keseluruhan bacalon DPD.

Ilham yang didampingi anggota KPU Riau, Joni Suhaidi dan Nugroho Noto Susanto tersebut juga menjelaskan, pendaftaran dibuka mulai tanggal 1 Mei 2023 dan akan ditutup pada 14 Mei mendatang. Pada prinsipnya, saat pendaftaran KPU Riau hanya menerima keterpenuhan berkas pada syarat pencalonan maupun syarat calon.

“Saat ini kami hanya mengecek keterpenuhan syarat pencalonan maupun syarat calon. Nanti ada proses sendiri untuk verifikasi administrasi. Dari 7 yang mendaftar semua satusnya diterima. Semua dan akan lanjut ke tahap berikutnya, yaitu  tahap verifikasi administrasi pada tanggal 15 Mei - 23 Juni 2023,” tutur Ilham. --rls, vie