Dukung Tingkatkan Infrastruktur Kawasan Suaka Margasatwa, Pemkab Bengkalis MoU dengan BKSDA


Kamis, 04 Mei 2023 - 16:00:00 WIB
Dukung Tingkatkan Infrastruktur Kawasan Suaka Margasatwa, Pemkab Bengkalis MoU dengan BKSDA

RIAUIN.COM- Pemerintah Kabupaten Bengkalis menandatangani perjanjian kerja sama (MoU)  dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau di Balai BKSDA, Pekanbaru, Kamis  (4/5/2023). MoU tersebut sebagai bentuk dukungan pembangunan strategis pemanfaatan dan pengembangan transportasi terbatas di dua kawasan Suaka Margasatwa, yakni Giam Siak Kecil dan Balai Raja Kecamatan Pinggir.

Perjanjian kerja sama tersebut ditandatangani Bupati Bengkalis, Kasmarni bersama Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau Genman S Hasibuan. Dikatakannya, ini guna menjamin terwujudnya keutuhan, kelestarian dan manfaat kawasan serta meminimalkan dampak negatif baik langsung maupun tidak langsung sebagai akibat pembangunan infrastruktur strategis, berupa jalan penghubung desa dan fasilitas umum dan sosial didua kawasan suaka margasatwa tersebut.

"Apresiasi yang tinggi, tentunya kami berikan buat Kementerian LHK khususnya BKSDA Riau, atas dukungan serta keizinannya kepada kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis, untuk melakukan pembangunan dan peningkatan infrastruktur, baik berupa pembangunan fasilitas umum berupa sarana prasarana pendidikan dan kesehatan, pembangunan transportasi terbatas di Desa Tasik Serai Dusun Bagan Benio yang berada dalam kawasan SM Giam Siak Kecil, maupun peningkatan infrastruktur jalan pada kawasan SM Balai Raja. Serta dukungan perlindungan dan pengamanan pada dua kawasan tersebut maupun dukungan lainnya," kata Kasmarni dalam pidatonya.

Dikatakan Kasmarni, dukungan seperti ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi pemerintah daerah serta masyarakat yang berada didua kawasan tersebut. Karena puluhan tahun pemerintah daerah serta masyarakat menanti akan hal seperti ini dan baru tahun ini terlaksana.

Kasmarni berharap melalui dukungan dan perjanjian kerja sama yang bangun hari ini, cita-cita pemerintah daerah untuk membangun daerah serta masyarakat, khususnya yang berada di dalam dua kawasan tersebut dapat hidup lebih maju dan sejahtera, tidak lagi mengalami hambatan berarti.

"Kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis, tentunya siap menjalankan apa yang telah kita sepakati dalam perjanjian kerja sama ini, baik meliputi letak dan luas areal kerja sama, rencana pelaksanaan program/kegiatan, hak dan kewajiban para pihak, kode etik kerjasama dan lain-lainnya termasuk juga jangka waktu dan perjanjian kerjasama yang kita tanda tangani hari ini," pungkasnya.

Tampak hadir dalam acara tersebut mantan Bupati Bengkalis, sejumlah kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. -inf