Advertorial

Bahas RKPD di Musrenbang, Zukri Sebut Dua Tahun Terakhir Angka Kemiskinan Pelalawan Turun


Kamis, 16 Maret 2023 - 06:24:14 WIB
Bahas RKPD di Musrenbang, Zukri Sebut Dua Tahun Terakhir Angka Kemiskinan Pelalawan Turun Suasana Musyawarah Rencana Pembangunan atau Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 di Gedung Daerah Datuk Laksemana Mangkudiraja, Kamis (16/3/2023) siang.

RIAUIN.COM- Pemerintahan Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau jemput aspirasi masyarakat melalui kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan atau Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 di Gedung Daerah Datuk Laksemana Mangkudiraja, Kamis (16/3/2023) siang.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Pelalawan sebagai stakeholder berkepentingan dalam giat tersebut menghadirkan tokoh cendikiawan Prof Tengku Dahril, Tengku Azmun Ja’far yang merupakan mantan Bupati Pelalawan serta sejumlah tokoh masyarakat dan lapisan dari seluruh kalangan organisasi.

Keinginan besar Pemerintah Kabupaten Pelalawan dalam kegiatan Musrenbang kali ini untuk diangkat dalam tema ‘Mewujudkan Pemerataan Pembangunan Infrastruktur Keberlanjutan Guna Meningkatkan Produktifitas dan Kesejahteraan Masyarakat Menuju Pelalawan Maju’.

Bupati Pelalawan, Zukri Misran menyampaikan capaian kinerja pemerintah daerah selama lebih kurang dua tahun berjalan ini, baik dari segi penurunan angka kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), tingkat pengangguran terbuka hingga peningkatan ekonomi.

”Pertumbuhan Ekonomi 2022 – 2023 mencapai 4,39 sampai 4,95. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 2022/2023 mencapai 72,39 sampai 73,03,” ulas Bupati Pelalawan Zukri Misran dalam pemaparannya.

Selaras dengan adanya peningkatan grafik pertumbuhan ekonomi, angka tingkat kemiskinan di masa kepemimpinan Zukri-Nasar mengalami penurunan dari 9,63 persen (2021) ke 8,97 persen (2022) dan 8,2 persen (2023).

Perubahan secara signifikan terlihat pada tingkat pengangguran terbuka. Terjadi penurunan drastis mencapai 50 persen lebih pada tahun 2023 ini. Dari angka 5,99 persen (2020), kemudian menjadi 2,34 persen pada tahun 2021 dan 2,3 persen di semester tahun 2023.

Tengku Dahril dalam sambutannya menyampaikan mimpi besar Gubernur Riau, Syamsuar yang diharapkannya dapat disinkronisasi antara pemerintah di tingkat kabupaten dengan Pemerintah Provinsi Riau.

”Saya pada saat bertemu Gubernur Syamsuar, ia mengatakan ingin Riau menjadi pusat kemajuan peradaban Islam di akhir zaman,” ucapnya.

Dia berharap generasi muda yang sekarang menjadi pemimpin di Pelalawan bisa memberikan kontribusi kepada Kabupaten Pelalawan.

”Saya berharap kepada generasi muda ini yang sekarang menjadi pemimpin di Pelalawan, bisa memberikan kontribusi kepada pelalawan yang kita banggakan ini,” ujarnya. -adv