Investigasi Ledakan PT KPI di Dumai, Disnakertrans Riau Lakukan Analisis Mendalam


Selasa, 11 April 2023 - 11:11:00 WIB
Investigasi Ledakan PT KPI di Dumai, Disnakertrans Riau Lakukan Analisis Mendalam Suasana pemeriksaan GM PT KPI di Disnakertrans Riau/foto:tsi

RIAUIN.COM - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau telah melakukan pemeriksaan petinggi dan staf terkait ledakan yang terjadi di PT Kilang Pertamina Indonesia (KPI), Senin (10/4/2023) kemarin.

Kepala Dinas Disnakertrans Provinsi Riau, Imron Rosyadi mengungkapkan, pemeriksaan tersebut dilakukan atas kejadian ledakan di PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit II Dumai. Pengawas Ketenagakerjaan telah memeriksa General Manager (GM) PT KPI RU II Dumai, Didik Subagyo.

"Pemeriksaan tersebut selesai jam 14.30 WIB. Dari hasil pemeriksaan tersebut, Tim Pengawas Ketenagakerjaan memerlukan pengembangan dan analisis  yang lebih mendalam. Disnakertrans Propinsi Riau akan mengambil langkah lebih lanjut setelah seluruh tahapan pemeriksaan dan pengumpulan bahan telah terpenuhi," jelas Imron Rosyadi, Selasa (11/4/2023).

Terkait pemeriksaan tersebut, Area Manager Comm Rel & CSR Kilang Dumai, Agustiawan, ketika dikonfirmasi membenarkan pemanggilan itu.

"Benar, ada pemanggilan dari Disnakertrans Provinsi Riau," tulis Agustiawan, melalui pesan singkat, Senin (10/4/2023).

Katanya, tiga orang dari PT KPI diperiksa yaitu Manager HC Rizka Firmansyah, Didik Subagyo dan satu orang staf lainnya.

"Informasi yang saya dapat Pak Didik Subagyo, Manejer HC dan 1 orang staff," jelas Agustiawan.

Seperti diketahui, kronologi peristiwa ledakan itu terjadi pada tanggal 1 April 2023 sekitar jam 22.40 WIB. Ledakan terjadi pada area Kompresor Hydro Cracker Complex  yang disebabkan oleh pecahnya instalasi pipa dari outlet kompresor.

Pada peristiwa itu, sebanyak 9 karyawan di kilang terbesar di Indonesia itu mengalami luka-luka akibat ledakan. Selain itu, sejumlah rumah penduduk dan fasilitas umum ikut rusak akibat kerasnya dentuman ledakan.-dnr