Soal Ledakan di Pertamina Dumai, Disnakertrans Riau Lakukan Investigasi


Senin, 03 April 2023 - 18:10:40 WIB
Soal Ledakan di Pertamina Dumai, Disnakertrans Riau Lakukan Investigasi Ilustrasi/foto:via Instagram kilangpertaminainternasional

RIAUIN.COM - Tim Pengawas Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau sedang melakukan investigasi terkait ledakan Kompresor steam di PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), Kota Dumai.

Kepala Dinas Disnakertrans Riau, Imron Rosyadi mengatakan, pihaknya sejak Minggu (2/4/2023) kemarin sudah turun langsung ke lokasi ledakan.

"Saya menunggu laporan tim turun hari ini (Minggu, red)," kata Imron, Senin (3/4/2023).

Dijelaskan Imron, kenapa investigasi ini pentingnya dilakukan? Kata dia, agar kedepannya ada perbaikan dalam pengelolaan aset negara.

"Harus (investigasi, red), sebab ini untuk perbaikan ke depan. Mereka harus serius mengelola aset negara," pungkasnya.

Seperti diketahui, ledakan yang terjadi pada Sabtu (1/4/2023) sekira pukul 22.30 WIB itu diduga disebabkan oleh pelepasan H2 atau hidrogen di area pipa Section Discharge Area yang menyebabkan flash serta terbakarnya Hydrocracker Unit ( HCU).

Pada peristiwa itu, sebanyak 10 karyawan di kilang terbesar di Indonesia itu mengalami luka-luka akibat ledakan. Selain itu, sejumlah rumah penduduk dan fasilitas umum ikut rusak akibat kerasnya dentuman ledakan.-dnr